Liburan bareng keluarga atau bareng temen?

Thursday, July 7, 2011

Family VS Friends

Sebagai anak muda terutama yang berstatus anak mahasiswa, liburan mungkin lebih seru bareng temen. Terasa lebih bebas, lebih bisa mengekspresikan diri. Jujur aja, kalo diitung jumlah gw liburan selama ini lebih banyak dihabiskan bersama temen-temen. Ada kelebihan dan kekurangan liburan bareng keluarga atau bareng temen. Sebenernya keluarga gw itu hobi jalan, cuma karena bokap terlalu sibuk jadi susah banget buat diajak jalan, jadilah gw lebih sering jalan bareng nyokap ma adek2 gw. Liburan bareng keluarga juga ga terlalu sering, karena nyokap juga kerja dan waktu yang bisa dipake buat jalan-jalan paling di waktu tertentu aja kayak libur lebaran atau libur sekolah yang panjang. Di sini gw akan ngebahas satu persatu pengalaman gw, mana ya lebih enak liburan bareng keluarga atau bareng temen?

Kelebihan liburan bareng temen :
- Bebas nentuin lokasi liburan
- Bebas nentuin waktu berangkat atau berapa lama liburan, dadakan? bolos kuliah? bisa aja :p
- Bisa gila-gilaan di jalan
- Bebas ngapain aja selama di lokasi liburan, mau lebay atau ekstrim? semakin menantang semakin seru!
- Bisa liburan bareng gebetan, ini yang paling membahagiakan ^^. Bisa lebih mengerti dan memahami hubungan persahabatan atau pertemanan

Kelebihan liburan bareng keluarga :
- Akomodasi ditanggung sama orang tua, sampe ga ngeluarin uang sepeser pun. Ga perlu khawatir mau ngirit atau gak
- Aman selama perjalanan, ga mungkin kan liburan ama keluarga naek ELEP? minimal naek bus atau kereta eksekutif
- Pasti ada wisata kuliner. Ga perlu mikir mau pesen seberapa banyak, harganya? ga usah diliat!
- Pasti ada wisata belanja, jadi mau ga mau pasti dapat souvenir (*baju, *kaos, *dkk) gratis :p
- Ada kebahagian tersendiri seperti melihat senyum dan tawa bersama keluarga yang mungkin jarang dirasakan ketika berada di rumah

Kekurangan liburan bareng temen :
- Masalah budget, bener2 dipikirin dari awal. Bikin itinerary dan dipas-in sama budgetnya.
- Masih masalah budget, kadang kalo patungan ada sebagian temen yang beda jumlahnya. Entah karena ga ada uang receh atau lupa atau ngutang sampe lupa. Kalo keseringan jadi ngebetein!
- Adanya beda pendapat antar temen terkadang bikin liburan jadi menyebalkan

Kekurangan liburan bareng keluarga :
- Ga bisa melakukan hal-hal gila, sebelum ngelakuin udah dilarang sana-sini
- Mau lebih lama di lokasi liburan? jangan ngarep, *minggu depan udah mulai masuk sekolah! atau *udah masuk kerja
- Lokasi liburan yang terlalu biasa dan ga menantang, yah paling mentok cuma foto2 aja

Kalo gw, untuk nanggulangin kekurangan liburan bareng keluarga adalah semakin mendekatkan diri pada keluarga sehingga keluarga udah berasa kayak temen jadi bisa diajak gila2an (*kayak bareng adek2 gw). Nah untuk nanggulangin kekurangan liburan bareng temen adalah cari temen liburan yang udah kayak keluarga kita, mau bayarin kita jalan-jalan misalnya. Hahahahaaa..

You Might Also Like

0 comments

Subscribe