Yellownely

By Niken Andriani - Jul 22, 2011

Photobucket
yellownely.

Europe is waiting for you!

By Niken Andriani - Jul 21, 2011

Ayo semangat eropa menunggumu jangan bikin dia kelamaan menunggu. ayooooooooo!

Begitulah kalimat penyemangat dari kakak sepupu gw, yang sudah bertahun-tahun lost contact tapi akhirnya kemarin kita bisa bertemu dan jalan-jalan bareng bertiga dengan adik sepupu gw ke Ciwidey.

Setelah sempat putus asa karena masalah pengujian dengan Brute Force, gw mulai kehilangan arah dan hanya mengerjakan hal-hal yang gak penting. Tapi gw harus bisa menyelesaikan secepatnya. Sudah berapa kali gw menyesal karena menolak banyak ajakan traveling dari temen-temen, menunda rencana ke Karimun Jawa di akhir bulan Juli, begitu menyesakkan dibandingkan harus menolak tawaran kerja.

Sudah bosan menulis blog dengan kata-kata yang hanya keluar dari pikiran karena hampir putus asa dan bingung harus mencurahkannya pada siapa, blog ini menunggu catatan jurnal perjalanan gw nanti. Harus bisa secepatnya!

Tambahan dari kakak: buat keluarga bangga dengan keberhasilanmu yang singkat.
Makasih mas :)

Melodi

By Niken Andriani - Jul 16, 2011

membuatku terdiam
mendamaikan jiwa
biru dan putih
hembusan angin
pejamkan mata
kurasakan




yiruma - rivers flow in you


Kuliner : Kambing bakar Cairo dan Sagoo Bandung

By Niken Andriani - Jul 14, 2011

Hari ini benar-benar sedang malas melakukan sesuatu, hanya menatap layar desktop klik sana klik sini. Akhirnya berhenti di blog. Mau tulis tentang traveling tapi gak abis dari mana-mana. Terakhir perjalanan Jakarta-Semarang-Kudus-Jogja, hanya belanja dan kuliner. Yah mau gak mau karena bareng keluarga. Yang menantang cuma pas di Gunung Muria, Kudus. Naek ojek dengan kemiringan hampir 45 derajat (*sama banget lah kayak pas mau ke wareung Daweung). Pas naek ojek ga berani liat ke kiri atau ke belakang, bener2 sereeeum lah sampe bikin teriak2 kayak naek halilintar.

Back to topic, kemarin abis kulineran bareng Anung, setelah berminggu2 tidak jumpa kangen juga kulineran lagi. Sebelumnya mampir ke Toko Buku yang baru buka di Jalan Buah Batu nyari Naked Traveler 3, diskon sampe 15% lumayan bisa dapet 1 komik gratis :p. Setelah iseng ngomongin Kambing Cairo yang sempat jadi obrolan sama anak2 kampus, kita putuskan langsung menuju TKP. Kalo yang dari gw denger sih lokasinya di belakang hotel Horizon, kalo kata si Anung, yang dia tau lokasinya di Geger Kalong. Akhirnya kita putuskan ke GerLong, kalopun ga ketemu kan bisa ketempat lain toh di GerLong banyak tempat kuliner. Sampe di GerLong, kita seperti kehilangan arah, akhirnya baru deh kita googling dan dapet lokasinya ternyata di Jalan Geger Kalong Hilir No. 25. Bolak balik di jalan sambil liat nomor rumah di pinggir jalan akhirnya anemu juga. Lokasinya agak ke dalam dan gelap pula, jadi kita sempat kelewatan. Kalo dari setiabudi, pertigaan gerlong belok kiri kemudian ga jauh dari pertigaan di sebelah kiri ada plang Kambing Cairo.

Pesenan gw yang pasti Kambing Bakar Cairo lah, lagi pula ternyata di sana menunya sedikit sekali. Makan berat yang ada hanya kambing cairo muali dari 250gr sampe 500 gr, tongseng kambing, soto, dan roti maryam yang ternyata nama lain dari roti cane. Iga Kambing Cairo 250gr seharga 30 ribu tanpa nasi, rasanya menggoyang lidah..bumbuya meresap sampe kedalam dagingnya. Degnan saus kecap campuran cabai rawit dan bawang merah iris, menambah selera makan. Kalo dari yang gw baca di buku menunya sih katanya Kambing Cairo ini kedua terenak setimur tengah. Masa seh? Selezat itu kah? Kalo dibanding sama masakan nyokap sih enggak deh, karena porsi masakan nyokap gw gak ada batas wkwkwk. Roti Canenya juga lumayan enak dengan harga 11 ribu dengan toping keju. Recommended deh buat yang suka kambing, eh suka masakan kambing maksudnya =p

Habis itu, belum puas kita mampir ke Sagoo Bandung. Lokasinya di Jalan Riau depan Roemah Keboen. Suasananya cozy dengan lampu agak temaram seperti sedang berada di dalam rumah jaman dulu, jadi inget rumah mbah di kampung. Tapi makanan dan minuman di sini menurut gw kurang enak *makanya sepi kali yah. Gw pesen teh tarik Sagoo yang dikasi malah teh tarik Kopi Lay yang rasanya aneh. Lebih enak teh tarik instan M*xtea deh. Puas kulineran, seminggu ini harus mengirit! Hahaha

Jalan-jalan Gratis

By Niken Andriani - Jul 12, 2011

Siapa yang ga mau?

Dalam pikiran kita, traveling itu pasti ngeluarin duit. Ya memang benar, kecuali traveling di dalam mimpi haha sama seperti yang gw alamin akhir2 ini karena udah lebih dari 3 bulan gw ga traveling sampe kebawa mimpi diving di kepulauan yang udah 2 tahun ini gw idam2kan ke sana *karimun jawa.
Pertama mungkin jalan-jalan gratis itu bareng keluarga, seperti postingan gw sebelum ini. Kalo mau jalan-jalan gratis paling deket pasti sama keluarga. Nah, kalo bareng keluarga kan masalahnya di kendala waktu dan tantangan. Gimana caranya supaya bisa jalan-jalan gratis tanpa keluar uang sepeserpun? Gw pernah ngebahas problem ini lewat siaran di Students Radio, radio kampus gw. Karena pendengarnya malam itu ga sebanyak biasanya maka gw mencoba share lewat blog ini, sekaligus ngasi tips dan beberapa info bocoran buat dapetin jalan-jalan gratis. Berikut cara-cara yang bisa kita lakukan untuk dapat jalan-jalan gratis hasil dari obrolan iseng di radio sama ryan :

1. Ikutan lomba foto liburan atau landscape
Ini yang paling sering kita temukan. Gw juga udah beberapa kali ikutan lomba beginian, yah walapun pernah sekali menang tapi hadiahnya cuma buku. Untuk pilihan ini, paling ga sediain kamera yang canggih dan feeling yang tepat layaknya fotografer profesional. Jangan ragu-ragu buat ngirim foto andalan kamu buat menangin hadiah jalan-jalan gratis. Coba join National Geographic.

2. Ikutan pertukaran pelajar
Kalo yang ini, ga semua orang bisa karena biasanya pertukaran pelajar itu adalah siswa atau mahasiswa terpilih. Beruntunglah mereka yang menjadi terpilih *gw ga pernah v_v


3. Sekolah atau beasiswa di luar negri
Pernah baca novel ke tiga Andrea Hirata yang judulnya Edensor? Di buku diceritakan pada saat Ikal dan Arai dapat beasiswa di Paris. Pada saat liburan mereka keliling Eropa dengan modal bikin pertujukan seni di jalan. Biaya ke sana kan sudah gratis, tinggal manfaatkan saja gimana caranya supaya bisa keliling Eropa.

4. Kompetisi yang finalnya di luar negri
Tim kampus gw ikutan kompetisi Imagine Cup dan mereka masuk ke final di NYC. Pengen banget sih nebeng ke sana, haha.

5. Jadilah pegawai yang sering meeting di luar
Ada temen gw yang nyuruh gw jadi anggota DPR. Biar bisa jalan-jalan keluar negri terus, Ken. hahaha ini mah ga gratis kali, pake duit rakyat!

6. Jadi host program acara traveling
Program TV Jejak Petualang, Happy Holiday, dll mereka sering ngadain buat nyari host baru. Lumayan kan, udah dapet jalan-jalan gratis, dapet fasilitas enak, dibayar pula! Buat yang narsis dan suka tampil di depan kamera, ikutan aja! Syarat yang kira-kira diminta yaitu bisa mengendarai kendaraan roda dua dan empat, bisa berenang, dan yang pasti bisa ngomong di depan kamera. Gw pun pengen, cuma kendala gw belum bisa berenang, jadi gw urung buat daftar. Arrrgggh.

7. Liburan + kerja sampingan
Nah yang ini gw baca dari novel Trinity. Dia pernah pengalaman kerja di Gili Trawangan selama seminggu karena kehabisan duit ga bisa balik. Akhirnya dia kerja di sana, dan enaknya, nambah waktu liburan kan..hahahaa

8. Banyaklah berteman dengan orang yang senang hati untuk ngirim tiket gratis buat kamu
Siapa ya temen gw yang mau bayarin gw jalan-jalan gratis? Pasti ada, carilah temen yang tajir, tidak sombong dan murah hati. Wkwkwk

9. Jadi sopir travel
Yang terakhir ini opsi dari gw. Hahahaa, beruntunglah yang jadi sopir travel, walau ga menikmati jalan-jalannya, tapi anda sudah ke berbagai tempat di belahan dunia tanpa keluar uang sepeser pun, maka bersyukurlah!

Nih infonya:
Alangkah bagusnya jika kita sebarkan, karena semakin murah hati kita membagi pasti akan ada yang membalasnya suatu saat nanti. Semoga gw masuk ACI 2011. amiiin... hehehe

Liburan bareng keluarga atau bareng temen?

By Niken Andriani - Jul 7, 2011

Family VS Friends

Sebagai anak muda terutama yang berstatus anak mahasiswa, liburan mungkin lebih seru bareng temen. Terasa lebih bebas, lebih bisa mengekspresikan diri. Jujur aja, kalo diitung jumlah gw liburan selama ini lebih banyak dihabiskan bersama temen-temen. Ada kelebihan dan kekurangan liburan bareng keluarga atau bareng temen. Sebenernya keluarga gw itu hobi jalan, cuma karena bokap terlalu sibuk jadi susah banget buat diajak jalan, jadilah gw lebih sering jalan bareng nyokap ma adek2 gw. Liburan bareng keluarga juga ga terlalu sering, karena nyokap juga kerja dan waktu yang bisa dipake buat jalan-jalan paling di waktu tertentu aja kayak libur lebaran atau libur sekolah yang panjang. Di sini gw akan ngebahas satu persatu pengalaman gw, mana ya lebih enak liburan bareng keluarga atau bareng temen?

Kelebihan liburan bareng temen :
- Bebas nentuin lokasi liburan
- Bebas nentuin waktu berangkat atau berapa lama liburan, dadakan? bolos kuliah? bisa aja :p
- Bisa gila-gilaan di jalan
- Bebas ngapain aja selama di lokasi liburan, mau lebay atau ekstrim? semakin menantang semakin seru!
- Bisa liburan bareng gebetan, ini yang paling membahagiakan ^^. Bisa lebih mengerti dan memahami hubungan persahabatan atau pertemanan

Kelebihan liburan bareng keluarga :
- Akomodasi ditanggung sama orang tua, sampe ga ngeluarin uang sepeser pun. Ga perlu khawatir mau ngirit atau gak
- Aman selama perjalanan, ga mungkin kan liburan ama keluarga naek ELEP? minimal naek bus atau kereta eksekutif
- Pasti ada wisata kuliner. Ga perlu mikir mau pesen seberapa banyak, harganya? ga usah diliat!
- Pasti ada wisata belanja, jadi mau ga mau pasti dapat souvenir (*baju, *kaos, *dkk) gratis :p
- Ada kebahagian tersendiri seperti melihat senyum dan tawa bersama keluarga yang mungkin jarang dirasakan ketika berada di rumah

Kekurangan liburan bareng temen :
- Masalah budget, bener2 dipikirin dari awal. Bikin itinerary dan dipas-in sama budgetnya.
- Masih masalah budget, kadang kalo patungan ada sebagian temen yang beda jumlahnya. Entah karena ga ada uang receh atau lupa atau ngutang sampe lupa. Kalo keseringan jadi ngebetein!
- Adanya beda pendapat antar temen terkadang bikin liburan jadi menyebalkan

Kekurangan liburan bareng keluarga :
- Ga bisa melakukan hal-hal gila, sebelum ngelakuin udah dilarang sana-sini
- Mau lebih lama di lokasi liburan? jangan ngarep, *minggu depan udah mulai masuk sekolah! atau *udah masuk kerja
- Lokasi liburan yang terlalu biasa dan ga menantang, yah paling mentok cuma foto2 aja

Kalo gw, untuk nanggulangin kekurangan liburan bareng keluarga adalah semakin mendekatkan diri pada keluarga sehingga keluarga udah berasa kayak temen jadi bisa diajak gila2an (*kayak bareng adek2 gw). Nah untuk nanggulangin kekurangan liburan bareng temen adalah cari temen liburan yang udah kayak keluarga kita, mau bayarin kita jalan-jalan misalnya. Hahahahaaa..

Kuliner : Soto Kudus Pak Denuh

Belum ke Kudus kalo belum nyobain Soto Kudusnya, yang sudah terkenal seantero Indonesia. Di Kudus, ada satu penjual Soto yang terkenal, Soto Kudus Pak Denuh namanya. Pertama kali, nyokap gw nyobain soto ini 20 tahun yang lalu. Sampe sekarang setiap mampir ke Kudus, nyokap selalu nyempatin waktu makan di sana. Kalo gw sih pertama kali nyobain soto pak denuh pas nganterin bokap ke terminal Kudus *jaman gw masih SMA. Abis berapa mangkok ya? hehe karena satu mangkok ga akan cukup. Kemarin, setelah berziarah ke makam Sunan Muria di Colo Muria, nyokap ngajakin mampir ke Soto Pak Denuh yang lokasinya di tepat sebelah rumah sakit Mardi Rahayu Kudus kalo dari arah Kudus-Semarang di sebelah kiri jalan sebelum RS Mardi Rahayu. 10 porsi soto kudus dan 5 porsi nasi pindang habis buat 10 orang..hahahaa kayak gini soto ma nasi pindangnya..

Soto Kudus

Nasi Pindang

Harga satu porsi soto kudus sama dengan harga satu porsi nasi pindang, cuma 7500. Tapi nikmatnya bisa bikin orang balik lagi buat makan di sana. Buktinya, nyokap gw yang udah 20 tahun lalu menetapkan Soto Kudus jadi salah satu kuliner favoritnya. Adek gw abis 3 porsi sendiri. Hahaha gw habis 2 porsi. Cabang warung nasi Soto Kudus Pak Denuh ini ada 2 selain di sebalh RS Mardi Rahayu, yaitu di Terminal Bus Kudus dan Taman Bojana. Buat yang penggemar kulineran kalo di Kudus pastikan mampir ke warung soto pak denuh ini, dijamin suatu saat bakal balik lagi. Salam Kulinerrr!

ide

By Niken Andriani - Jul 2, 2011


ide.

dalam kamus ku:
sebuah kata yang lahir dari pemikiran.
sebuah kata yang membuat mimpi jadi nyata.
sebuah kata yang mampu mengisi waktu sia-sia menjadi berharga.
sebuah kata yang dapat membuat orang lain terkesima.
sebuah kata yang tak mungkin tapi dapat dipercaya.
sebuah kata konyol untuk idealisme.
sebuah kata yang dapat membunuh ketidakpastian.
sebuah kata yang dapat merubah dunia.

ide. idea. idee. aidea.

An Old Movie : A Millionaire's First Love

By Niken Andriani - Jul 1, 2011

Sebuah film bertemakan romansa dan kesedihan. Film korea ini rilis tahun 2006, jaman gw masih SMA kelas 2. Waktu itu pernah gw sempet cari film ini, cuma ya dulu jamannya download kayak sekarang belum ada, jadi harus ke Glodok dulu kalo mau nyari filmnya. Baru sekarang nonton, gara-gara demam nonton Secret Garden. Sebenarnya gw kurang suka kalo film ga happy ending, udah ditamatin sampe akhir eh ujungnya ga bahagia. Siapa sih yang mau akhir hidup kita itu ga bahagia? Sesedihnya drama Winter Sonata pun pada akhirnya mereka bahagia.


Photobucket

Seperti drama korea Endless Love (*Autumn in My Heart ), film ini juga sad ending dengan pemeran wanitanya meninggal dunia. Dan dari setiap drama ata film pasti terdapat pesan yang mungkin bagi sebagian orang dapat mengilhaminya. Dari film ini pesan yang gw dapet manfaatkan waktu sebanyak mungkin bersama orang yang kita cintai. Gw ga pandai menyusun kata-kata indah, segitu aja yang gw dapet setelah nonton film ini. Hmmm, mungkin hanya hati gw yang lebih tau. Aiiih~ malam terakhir di Bandung malah jadi memellow gini ...

She may be the face I can't forget
The trace of pleasure or regret
May be my treasure or the price I have to pay
She may be the song the summer sings
May be the chill the autumn brings
May be a hundred different things
Within the measure of a day
She may be the reason I survive
The why and wherefore I'm alive
The one I'll care for through the rough in many years
Me, I'll take her laughter and her tears
And make them all my souvenirs
For where she goes I've got to be
The meaning of my life is she

Elvis Costello - She
*wish him will sing that song in our wedding :D