Backpacking ke Ujung Genteng

Saturday, May 29, 2010

Pantai. selama gw pernah jadi pecinta alam, gw gak pernah menjelajahi tempat yang satu ini. meskipun gunung pernah ku daki, gua ku susuri, sampai baduy pun ke jelajahi tapi indahnya pantai ku tak pernah tahu. akhirnya kemarin 14-16 april 2010, kupijakkan kaki disana, menyusuri pantai pangumbahan sampai ujung genteng. this is my journal.. with asdi, lele, n ryan

14 april 2010


09.00: naek bis bandung-sukabumi ekonomi

bis yang gw naekin hebat banget, namanya blackberry, cuma dengan 15000+badan digoyang kita bisa sampe sukabumi dengan aman dan sentosa. makasih untuk bapak kernet yang baik hati mengantarkan kita sampe poolnya, jadi ongkos untuk ke terminal lembur situ jadi lebih murah
12.30: sampe di sukabumi Terminal degung, tepatnya di pool langgeng jaya, kita naek angkot kuning untuk ke lembur situ, biasanya kalo dari terminal degung kita kena biaya 5000.
13.00: sampe di terminal lembur situ, isoma

terminal ini terminal yg lebihkecil dibanding dengan terminal degung, dari terminal ini kita bisa melakukan perjalanan ke surade.
13.45: berangkat ke Surade, naek bis MGI

pas disana kita disodorin sama kernet2 ELF, mobil ukuran kecil yang membawa orang2 ke surade. harganya memang lebih mahal ELF, cuma beda 5000. tapi katanya setengah jam lebih cepat.hoo, berhubung lele takut ngebut2 akhirnya kita naek MGI dengan ongkos 20000 saja. perjalanan ke Surade, benar-benar menggoyang !
17.00 sampe di Surade, cari penginapan
begitulah kata pepatah "sapa yang menanam, dia yang akan menuai". saya punya teman-teman yang baik. alhamdulillah kita diberi penginapan gratis oleh bapak ustadz penjaga masjid. malam itu makan sate madura, apapun enaklah kalo jauh dari rumah.


15 april 2010

05.50: ke curug luhur di cikaso
letak curug cikaso tidak jauh dari surade, saat perjalanan ke Surade kiat sempat melewati jalan cikaso. oleh karena itu kita pun kesana naek angkot, cuma 5000 berempat. "kan masi pagi pak" :D
06.00: go to curug cikaso by feet
ini dia perjalanan yang paling kerasa capeknya, karena plus hujan-hujanan kita jalan kaki sejauh 8km.. gak nyangka, katanya deket karena setiap orang yang kita tanyai dijalan bilang sejam lagi, sejam lagi dan sejam lagi, akhirnya jadi 3 jam.hahahaa
09.00: sampe di curug cikaso eits, kita belum sampe curugnya lho, karena kita baru sampe di desanya. dari situ kita kena pajak 2000 per orang. hoho. oya dari situ kita pasti ditawarin buat naek perahu, 70000 sekali jalan. lagi lagi lele takut naek perahu, akhirnya kita jalan kaki lagi menyusuri sungai.
09.15: beautiful curug cikaso
perjalanan yang heboh, karena kita melewati sawah nan debel tanahnya karena habis hujan, jadilah kita nyekermen. sampe disana ternyata kita berempat adalah pengunjung pertama, dan memang satu2nya di pagi itu, benar2 serasa milik kita tiga air terjun itu :p
13.00: perjalanan kembali ke surade
setelah beristirahat dan makan siang dengan mie goreng, mie rebus dan mie goreng lagi, lalu sholat jumat disana. kita lanjutkan perjalanan ke surade, karena rasa lelah yang membelenggu akhirnya setiap ada kendaraan yang lewat kita berentiin, maksudnya "numpang" hehehe, karena memang di jalan cikaso tidak ada angkutan umum, adanya angkutan gratis..haha
14.00: surade-pangumbahan

rencana awal kita mau susur pantai dari ujung genteng ke pangumbahan sampai sunset, namun karena hari yang mulai sore, akhirnya kita nyarter angkot sampai pangumbahan, karena dari UG ke pangumbahan tidak ada angkutan umum. biaya 25000 ==' agak mahal, tapi mendinglah dari pada ojek yang bisa sampe diangka 50rb keatas. perjalanan yang asoy karena sopir nya hebat bisa angkotnya offroad lhooo!
16.00: sampe di pangumbahan, menikmati pantai sampe sunset

disini kita bermain-main sambil menunggu jam 5 untuk pelepasan tukik di pantai
21.00: lihat penyu bertelur
penyu bertelur dimalam hari, satu induk bisa 100 telur lhoo..hebaaat!!!
22.00: istirahat di pos penangkaran penyu, 30000 satu kamar, cuma bonus kasur + listrik :p

16 april 2010

06.00: susur pantai pangumbahan - UG
perjalanan yang mengagumkan, sepanjang perjalanan cuma liat pantai, laut dan ombak
09.00: sampe di ujung genteng
serunya maen pasir disana, karena pasirnya yang putih
10.00: ke surade
dapet angkot yang sama seperti kemaren waktu dari surade, ternyata bertemu seseorang dijalan bukan kebetulan, tapi takdir :)
12.00: dari surade ke terminal lembur situ
akhirnya diputuskan naek ELF, karena kebanyakan kondisi bis sudah gak layak, agak nyesel naek MGI kemarin, kreet krieeet gitu suara bisnya..hahaha
16.00: sampe di terminal degung
naek bis MGI ekonomi AC, udah capek.. pulas deh naek bus itu sampe bandung


wonderful journey!!!
untuk gallery foto, bisa liat di fb gw. klik sini.


You Might Also Like

0 comments

Subscribe