ekspedisi sontoloyo

Tuesday, July 27, 2010

sebelumnya intro dulu.

kenapa gw kasi judul sontoloyo? ya karena temen2 seperjalanan gw sulit untuk mengucapkan salah satu nama pantai yang kita susuri yaitu pantai santolo, sehingga kami menyebutnya sebagai sontoloyo.. hahaha awal dari rencana yang asal nyebut aja, karena sebal dengan ketertundaan yang berkali-kali ke karimun jawa. akhirnya gw bersama 3 orang sahabat gw, ryan, abdi dan dito, berangkat juga ke garut. berikut jurnal yang gw buat selama perjalanan 2 hari satu malam dari bandung ke pesisir pantai pamengpeuk, garut.



kamis, 22 juli 2010

08.45 berangkat ke tol buah batu naek angkot superlemot dari depan kosan.
09.00 hobi lama kambuh lagi, nunggu bis dipinggir tol. alternatif paling mudah untuk ke terminal garut tanpa harus jauh2 ke terminal leuwi panjang atau cicaheum dulu. naek elf habis 12ribu setelah menawar kilat dengan kondekturnya.. haha. kalo dari info yang gw dapet dari mas2 di elf, dari terminal cicaheum sebenernya ada minibus yang langsung ke pamengpeuk, tanpa harus ke garut dulu, hanya saja wakut perjalanannya lebih panjang sekitar 7 jam.
10.25 sampai di terminal Guntur, garut. makan siang sangat sangat sederhana cuma merogoh kocek 4500 sudah cukup mengenyangkan.
11.05 (lagi-lagi) naek elf ke pamengpeuk. setelah menawar cukup signifikan kita kena 90rb ber4 dengan tujuan pantai sayang heulang. di elf ini lah perjalanan terasa sangat mengesankan, si abdi sampe muntah berkali-kali, si dito sampe ga bisa diajak ngomong.. karena jalan dari garut ke pamengpeuk sangat berkelok2 ria. hahaha. namun semuanya dapat terbayar dengan pemandangan alam hijau yang indah nian di perbukitan yang entah namanya apa. sampe di pamengpeuk, si supir ternyata jalan-jalan dulu ke gang-gang kecil buat nganterin si ibu2 sampe depan pintu rumahnya masing2. lho lhoo.. tapi lumayan lah, kita ber4 jadi dianterin sampe depan pantai. jadi kita gak perlu untuk nyewa angkot dari terminal di pamengpeuk.. hohoho

landscap perbukitan menuju pamengpeuk
15.30 sampailah kita di pantai sayang heulang. kenapa gw milih di pantai ini untuk memulai susur pantai? karena dari info yang gw baca, pantai ini adalah pantai yang paling indah dan bersih. rencana susur pantai dari timur ke barat. karena setelah gw dapet info dari warga sekitar katanya pantai di sebelah timur pernah memakan korban jiwa hingga 17 orang. oleh karena itu kita putusin untuk bermalam di sayang heulang, untuk selanjutnya kita susur pantai ke arah barat.
pantai sayang heulang

15.45 isoma, dengan makan seadanya, mie goreng telor(gak mateng). kemudian kita mencari penginapan di pinggiran pantai. kita dapet di sebuah penginapan yang lumayan gak serem yaitu penginapan Pangliaman Endah, karena sebelumnya kita dapet penginapan yg super serem sampe dikunci pintunya (Penginapan Flamb*yan). akhirnya setelah nego dengan si penjaga penginapan, satu kamar dengan 3 kasur dan 1 kamar mandi dalam kita sewa sebesar 60rb. ternyata eh ternyata kita adalah satu2nya pengunjung di pantai sayang heulang, oleh karena itu di penginapan itulah hanya kita berempat yang tinggal plus si penjaga. huwiiii sereeem..
17.30 mengejar sunset ke barat. setelah berjalan agak jauh sampe berlari-lari, akhirnya sunset itu pun tenggelam dengan sendirinya tanpa kita bisa melihatnya tenggelam ke laut..sayang sekali.



almost sunset

18.15 kembali ke penginapan. mandi dan sholat.
19.30 makan malem seadanya (lagi). karena untuk makan nasi kita harus pesan, dan dengan harga yang lumayan nguras kantong, akhirnya kita makan mie lagi lagi dan lagi..ahahah
20.00 malam yang terang dengan taburan berjuta bintang. dengan modal ponco jas ujan yang gw bawa, kita gelar di depan pantai. dan kita bersandar di atas pasir, d ibawah langit yang diterangi cahaya bulan, sambil melihat bintang jatuh berkali-kali hingga senyum kita pun berempat mengembang karena malam itu benar2-benar indah. hanya ada satu yang kurang, mengapa kita berempat saat itu jomblo T__T. nasib.
21.00 kembali ke penginapan untuk istirahat karena besoknya kita akan melakukan perjalanan yang lebih panjang.

jumat, 22 juli 2010


05.00 sehabis solat subuh kita ngopi di pinggir pantai, karena hujan yang lumayan deras membuat kita terhenti di warung sampai sejam.
06.00 packing untuk susur pantai. karena kita akan meninggalkan penginapan. untung persiapan roti dan susu gw bawa, jadi pagi itu kita sarapan dari bekal yg gw bawa :)
07.00 brangkat untuk menyusuri pantai menuju pantai santolo. setelah dua jam kita sampai di jembatan yang menghubungkan pantai santolo dan pulau santolo.
pulau santolo
09.00 memutari pulau santolo, karena keliahatannya pulau ini sangat kecil. keputusan yang bagus, karena pulau ini benar2 indah dengan batu-batu bertebaran di pinggir pantainya. sampai di ujung pulau, karena sudah terlihat ramai dengan pedagang warung kecil dan beberapa orang yang sedang memancing. 10.00 dari pulau santolo ke pantai santolo dibagian barat kita harus naik perahu dengan ongkos 2rb, padahal mah sungainya gak lebar-lebar amat tapi kata mang ojek perahu lumayan dalem sungainya.
10.30 makan siang yang dahsyat dengan seekor ikan kakap yang baru ditangkep kemaren (kata pemilik warung. percaya gak percaya deh gw.haha). kakap bakar dan nasi putih (akhirnya kita makan nasi!) masing2 dari kita kena 15rb. mayanlah, tu kakap bakar bener2 maknyus, si dito sampe gak tega buat muntahin tu kakap kalo aja lagi2 dia mabuk di elf..wkwk
11.30 shalat jumat di pantai santolo. alhamdulillah di sana ada masjid.
12.30 lanjut susur pantai ke gunung geder. mulai panas, sambil ngejemur anduk buat nutupin kepala dan muka, karena anduk keujanan yang lupa gw angkat pas mereka pada shalat jumat..hehehe maaf ya teman2 :p. pemandangan yang sangat mengagumkan. hamparan pasir emas dan cahaya matahari yang memantulkan deburan ombak.
pantai sayang heulang - pantai santolo - pantai karang papat
14.00 sampai di pantai karang papat. abdi dan ryan berenang. ahaa!! dari situ kita putuskan untuk berhenti susur pantai, karena dapet berita dari dito setelah dia bertanya ke orang sana yang katanya kalo mau ke pamengpeuk lebih baik besok subuh aja. kendaraan jarang yang lewat. huwaaaaaa.... T_T
14.10 keluar dari pantai karang papat menuju jalan raya. gw liat mikrolet menuju pamengpeuk lewat. tanpa pandang bulu gw ke tengah jalan untuk berentiin tu angkot. eh ternyata tu angkot lagi ngebawa kayu, alhasil gw bertiga di depan bersama si supir dan si dito sama si kenek duduk diatas angkot. pengalaman pertama dito.. abis 20rb berempat. rada kurang ajar emg, salah si abdi mah pake nanyain berapa ongkosnya..hahaha
14.30 sampe di pamengpeuk langsung dapet ELF terakhir ke Garut. Alhamdulillah keberuntungan lagi-lagi berpihak ke kita. langsunglah gw tawar tajam. 20rb bang sampe garut! wkwk diiyain langsung deh sama si kenek.
18.30 sampe di terminal guntur, kita sholat magrib, lalu lanjutin perjalanan pulang naek bus kurnia bakti jurusan ciwidey-leuwi panjang. sumpe nyesel, mending naek primajasa dah masi manusiawi bisnya. ini udah mahal jelek pula bis nya. abis 15rb kita malah diturunin di moh toha, dari sana kita naek angkot turun di pasar dayeuhkkolot, lalu lanjut jalan kaki sampe kosan. aiyyyh today is wonderfull journey......

kalo diitung total pengeluaran backpacking kali ini 140rb, dengan pembulatan.
galeri foto2 lain di sini

You Might Also Like

2 comments

Subscribe