Jalan-jalan Gratis

Tuesday, July 12, 2011

Siapa yang ga mau?

Dalam pikiran kita, traveling itu pasti ngeluarin duit. Ya memang benar, kecuali traveling di dalam mimpi haha sama seperti yang gw alamin akhir2 ini karena udah lebih dari 3 bulan gw ga traveling sampe kebawa mimpi diving di kepulauan yang udah 2 tahun ini gw idam2kan ke sana *karimun jawa.
Pertama mungkin jalan-jalan gratis itu bareng keluarga, seperti postingan gw sebelum ini. Kalo mau jalan-jalan gratis paling deket pasti sama keluarga. Nah, kalo bareng keluarga kan masalahnya di kendala waktu dan tantangan. Gimana caranya supaya bisa jalan-jalan gratis tanpa keluar uang sepeserpun? Gw pernah ngebahas problem ini lewat siaran di Students Radio, radio kampus gw. Karena pendengarnya malam itu ga sebanyak biasanya maka gw mencoba share lewat blog ini, sekaligus ngasi tips dan beberapa info bocoran buat dapetin jalan-jalan gratis. Berikut cara-cara yang bisa kita lakukan untuk dapat jalan-jalan gratis hasil dari obrolan iseng di radio sama ryan :

1. Ikutan lomba foto liburan atau landscape
Ini yang paling sering kita temukan. Gw juga udah beberapa kali ikutan lomba beginian, yah walapun pernah sekali menang tapi hadiahnya cuma buku. Untuk pilihan ini, paling ga sediain kamera yang canggih dan feeling yang tepat layaknya fotografer profesional. Jangan ragu-ragu buat ngirim foto andalan kamu buat menangin hadiah jalan-jalan gratis. Coba join National Geographic.

2. Ikutan pertukaran pelajar
Kalo yang ini, ga semua orang bisa karena biasanya pertukaran pelajar itu adalah siswa atau mahasiswa terpilih. Beruntunglah mereka yang menjadi terpilih *gw ga pernah v_v


3. Sekolah atau beasiswa di luar negri
Pernah baca novel ke tiga Andrea Hirata yang judulnya Edensor? Di buku diceritakan pada saat Ikal dan Arai dapat beasiswa di Paris. Pada saat liburan mereka keliling Eropa dengan modal bikin pertujukan seni di jalan. Biaya ke sana kan sudah gratis, tinggal manfaatkan saja gimana caranya supaya bisa keliling Eropa.

4. Kompetisi yang finalnya di luar negri
Tim kampus gw ikutan kompetisi Imagine Cup dan mereka masuk ke final di NYC. Pengen banget sih nebeng ke sana, haha.

5. Jadilah pegawai yang sering meeting di luar
Ada temen gw yang nyuruh gw jadi anggota DPR. Biar bisa jalan-jalan keluar negri terus, Ken. hahaha ini mah ga gratis kali, pake duit rakyat!

6. Jadi host program acara traveling
Program TV Jejak Petualang, Happy Holiday, dll mereka sering ngadain buat nyari host baru. Lumayan kan, udah dapet jalan-jalan gratis, dapet fasilitas enak, dibayar pula! Buat yang narsis dan suka tampil di depan kamera, ikutan aja! Syarat yang kira-kira diminta yaitu bisa mengendarai kendaraan roda dua dan empat, bisa berenang, dan yang pasti bisa ngomong di depan kamera. Gw pun pengen, cuma kendala gw belum bisa berenang, jadi gw urung buat daftar. Arrrgggh.

7. Liburan + kerja sampingan
Nah yang ini gw baca dari novel Trinity. Dia pernah pengalaman kerja di Gili Trawangan selama seminggu karena kehabisan duit ga bisa balik. Akhirnya dia kerja di sana, dan enaknya, nambah waktu liburan kan..hahahaa

8. Banyaklah berteman dengan orang yang senang hati untuk ngirim tiket gratis buat kamu
Siapa ya temen gw yang mau bayarin gw jalan-jalan gratis? Pasti ada, carilah temen yang tajir, tidak sombong dan murah hati. Wkwkwk

9. Jadi sopir travel
Yang terakhir ini opsi dari gw. Hahahaa, beruntunglah yang jadi sopir travel, walau ga menikmati jalan-jalannya, tapi anda sudah ke berbagai tempat di belahan dunia tanpa keluar uang sepeser pun, maka bersyukurlah!

Nih infonya:
Alangkah bagusnya jika kita sebarkan, karena semakin murah hati kita membagi pasti akan ada yang membalasnya suatu saat nanti. Semoga gw masuk ACI 2011. amiiin... hehehe

You Might Also Like

0 comments

Subscribe