Terima dan Syukuri

Tuesday, September 13, 2011

Kata ibu, "Allah punya rencana yang kamu gak tau.. Jalan yang lebih baik dari yang kamu inginkan"
Kata uchank, "God always give it best to you, so cheer on my little girl"
Kata ryan, "Cari sudut pandang baru,  kan bisa jadi asik juga."
Kata budhi, "Bukan ke tempat baru mana yang akan kita kunjungi, tapi bagaimana kita menemukan hal-hal yang baru dari sesuatu yang kita anggap biasa di tempat-tempat yang sering kita kunjungi",
Kata ucing, "Masih banyak kan tempat-tempat di sana yang belum pernah lu kunjungi?"
Kata temen-temen yang lain, "Lu harus bersyukur udah bisa bikin orang-orang yang gak lolos ACI jadi mupeng",


Kata hatiku, "Ken, inget prinsip kamu. Buat kamu ga masalah kan dimana tempatnya, yang penting petualangannya" -It's not about the destination, it's about the journey.


Pada awalnya saya memang kecewa saat semalam melihat pembagian rute petualang ACI 2011, saya dikirim ke wilayah Jawa II : Jawa Tengah dan DIY. Bukan karena Jawa Tengah adalah tanah kelahiran saya, bukan karena saya bosan keliling pulau Jawa, tapi lebih karena saya ingin naik pesawat! Hehehe...itu faktor kesekian sih yang bikin saya kecewa karena saya memang belum pernah sekalipun naik pesawat :p. Di tahun 2011 ini saya road trip pulau Jawa, sudah beberapa kali ke Jogja, sebulan yang lalu pun saya sempat main ke Jogja bersama keluarga, tidak berapa lama juga saya putar-putar Semarang bersama teman saya dan wisata kuliner ke Kudus, seminggu yang lalu saya solo traveling ke Jepara, dan tiap tahun saya mudik ke daerah Semarang-Demak-Kudus, ohh apalagi faktor yang membuat saya cemberut gara-gara pembagian rute ini hingga membuat saya tak bisa tidur sampai jam 3 pagi. Tapi muka masam ini berubah jadi muka senyum mesam-mesem ketika teringat saat wawancara,

Niken : "Kemana aja boyee.."
Mas yang wawancara : "Kalo ke Sunda Kelapa gimana?"
Niken : "Yah mas, saya kan tinggal di Jakarta. Sunda kelapa mah tempat saya maen layangan. Hehehe"
Mas yang wawancara : "Mbak, pernah caving ya. Kalo mbak nanti kami tawarkan caving mau gak? tapi di pulau Jawa, karena gua rata-rata adanya di pulau Jawa."
Niken : "Ya mau lah, dimana aja sih buat saya asik. Tapi jangan caving vertikal ya mas, belum pernah soale. "
Mas yang wawancara : "Yah kalo harus vertikal gimana?"
Niken : "Gapapa deh, yang penting ada masternya. Hehehe."

Iseng pun, saya membuka peta Jawa Tengah dan DIY. Ya! masih banyak tempat yang belum saya kunjungi sebenarnya. Saya pun teringat, kata-kata saya yang belum lama ini terlontar ke teman saya di Solo "Gw mau solo traveling ke Solo, pengen banget nyobain bus tingkatnya. Hehe! ". Sesi curhat pun berlangsung, teman-teman di YM jadi sasaran empuk. Ledekan dan hinaan pada awalnya makin menghujam jantung saya, tetapi saran serta nasihat pun terlontar pula dari mereka terutama teman-teman yang sudah daftar tapi ga lolos ACI. Membaca postingan dari teman-teman petualang ACI 2011, bagaimana semangatnya mereka, sampai-sampai sudah mengajak kumpul bareng. Uchank pun ikut menyemangati karena selama 6 tahun ini kita baru ketemu sekali, jadi pasti kita bisa bertemu lagi. Ibu pun tetap berjanji akan membelikan "kotak hitam" impian dari beratus-ratus tahun lalu yang tak pernah terbeli, sambil memberikan senyum semangatnya dan meyakinkan bahwa Tuhan punya rencana indah buatku. 

Dan aku, meyakini kata hatiku.

Belajar menerima dan mensyukuri, kedua hal itulah yang saat ini sedang saya terapkan. Dan sedikit demi sedikit semakin terasa semakin membuat saya bahagia. Ibu bilang, menerima dan mensyukuri adalah ikhlas. Dengan ikhlas, hati akan merasa lapang. Apapun yang kamu dapatkan semua pasti ada hikmah dibaliknya, ada tujuan yang Allah maksud untuk kamu.

Terima kasih ACIdetikcom!
Belum saja dimulai, tapi saya sudah menerima banyak pelajaran. Semoga petualangan nanti memberikan banyak goresan makna dalam kehidupanku. Membuat orang lain jadi tergugah untuk semakin mencintai Indonesia. 

You Might Also Like

3 comments

Subscribe