Dingin membuat selera makan meningkat!

Thursday, November 3, 2011

Sudah lama gw ga ngeposting tentang kuliner. Mumpung di bulan november, hujan mulai bermain. Dan tentu aja dingin jadi menyelimuti tiap saat, bikin mulut ingin ngunyah terus. Enaknya ngomongin kuliner jadinya.. Kalo bahas kulineran gw waktu jalan-jalani ACI kemarin, pasti banyak banget, tiap jam makan pasti kuliner sampe bikin berat badan gw naek 2KG!

Sekarang bahas sekitaran bandung saja, yang menurut gw worthed buat kantong mahasiswa. Maklum awal bulan masih tanggal 3, kiriman belum sampe :p. Pempek di depan BEC, rasanya sampe sekarang masih gw inget.  Baso tahu di Jalan Riau, dimana gw sering nraktir temen-temen gw (*enak dan murah sih :p). Es Goyobod di Kliningan, yang udah terkenal seantero Indonesia, sering masuk tipi soalnya. Baso Enggal Malang sama Batagor di Jalan Burangrang. Bahas satu-satu yuk!

1. Pempek depan BEC
Kalo suka jalan kaki dari Gramedia Merdeka menuju Bandung Electronic Center BEC, pasti nyebrang di jalan di mana banyak sekali orang jualan. Nah di sudut sebelah kiri gedung BEC itu ada warung nyempil yang ngeluarin aroma ikan dan cuka yang khas, yang semua orang pasti tau kalo itu pasti bau pempek! Sempetin mampir sebentar, karena dengan uang 9 ribu rupiah saja, lidah anda bisa bergoyang dengan rasa ebi udang yang kuat dan gurihnya pempek. Pilihan menu jenis pempek ada banyak, silakan pilih sesuai selera. Dan makan sambil ditemani pengamen jalanan di pinggir jalan kota Bandung. Ah kalo makan sama pacar pasti rasa nikmatnya bisa nambah 2x lipat!

2. Baso Tahu di Jalan Riau
Lokasinya di depan La Cucina Cafe, di salah satu gang di Jalan Riau. Menurut yang jualan, doi cuma buka di hari kerja dan jam kerja. Jadi jangan coba-coba kesana di hari minggu, sia-sia pasti (*pengalaman kesana dari kosan, cuma demi makan tuh baso tahu ternyata ga ada T_T). Tempatnya sangat sederhana. Ada 2 gerobak, satu yang menjual baso tahu dan satu lagi menjual es cendol. Kursi-kursi sederhana diletakkan begitu saja di trotoar, tapi tempatnya bersih kok :)

Kalo makan di sini enaknya siang-siang. Matahari memang menyengat, tapi karena ada banyak pohon kita jadi terlindung di bawah dedaunan yang rindang. Di tambah semilir angin, enaknya sambil ngobrol bareng temen-temen. Makanya enak nraktir temen disini, selain murah dan enak, suasananya juga asik! Satu biji cuma dihargai seribu rupiah saja. Di tambah kerupuk yang sebijinya 500 perak. 10 ribu udah bisa bikin lo kekenyangan. Rasa baso tahunya? Uenaaak tenan! Es cendolnya asik bisa pake duren bisa pake alpukat, segerrr!

3. Es GoKil (Goyobod Kliningan)
Curcol dikit ah, dulu pertama kali ke sini diajak sama mantan pertama. *Ihiiir.. Jaman awal kuliah semester 2. Masih cupu-cupunya kayak anak SMA. Dan memang lokasi Es Gokil ini persis di depan SMK 4 Bandung, jadi gabung deh kita bareng anak-anak SMA. Jadi kalo mau ngecengin remaja-remaja 17an, nongkrong di sana aja :p. Lokasinya di jalan kliningan, kalo dari arah buah batu, belok kiri depan STISI. Satu gelas dihargai 2 ribu rupiah saja! *kayaknya sekarang udah naek deh, tapi paling kalo gak 2,5 ya 3 ribu. Masih sanggup banget buat nraktir satu kelas. Hahaha.. Harganya emang murah, tapi kesegarannnya bisa mengganti dahaga di siang bolong. Ujan-ujan juga tetep seger kok, yang penting bareng pacar (*biar dingin pasti tetep anget, =p) Selain itu ada jajanan bandung lain yang murah meriah, kayak cireng isi, mie ayam bakso, roti kukus, tahu gejrot, batagor, baso tahu, dan jajanan ala anak sma lain.
Nih kalo mau liat update-an nya es gokil lewat salah satu jejaring sosial

4. Baso Enggal Malang
Jangan bilang penggemar baso, kalo belum nyobain baso yang satu ini! Waktu pertama kali gw tinggal di bandung, temen gw anak bandung yang sesama pecinta baso menyarankan gw untuk mampir ke sini. Lokasinya di jalan burangrang. Kalo dari arah Hotel Horizon, masuk ke jalan Banteng, lurus aja terus sampe ketemu Ayam Goreng Suharti, lurus aja dan ketemu di sebelah kiri depan Ngopi Dulu Cafe. Paketan yang paling murah cuma 10ribuan, semangkuk baso dan teh botol. Gw pernah ngajak keluarga gw makan di sini, dan alhasil mereka suka minta bawain ke Jakarta. Karena memang banyak yang suka nge-bungkus, jadi baso dan kuahnya di pisah. 
Kalau rasanya, jangan tanya lagi deh. Setiap gw ngajak temen-temen gw ke sini, pasti mereka ketagihan. Apalagi saat hujan, kalo sempat nunggu hujan reda sambil makan baso, pasti nikmat sekali!

5. Batagor Burangrang
Sekalian ngomongin kuliner di jalan burangrang, ada satu lagi yang ga boleh terlewatkan. Batagor! Salah satu khas makanan bandung yang udhamenyebar ke berbagai pelosok daerah di Indonesia. Tapi rasanya ga ada yang senikmat Batagor asli yang dijual di Bandung. Ada satu lagi yang enak. Batagor Kingsley namanya, tapi harganya ga cocok di kantong mahasiswa. Jadi gw bahas yang ini aja. Harga satu bijinya 7 ribu. Pesen 3 biji aja udah bisa bikin lo kekenyangan. Yang paling enak adalah tahunya, selain ukurannya paling gede, didalemnya juga nyempil batagor. Tahunya yang lembut, dan kuatnya rasa ikan di batagornya bikin ngeces.

Gimana? Masih sanggup kan kantong lo buat muasin lidah di musim hujan ini meski awal bulan duit belum dikirim. Bangun dari tempat nyamanlo dikosan, cabut naek motor, nikmatin hujan dan dingin kota bandung, dan rasain kuliner yang bisa bikin lo ketagihan!
*P.S. ga sempet moto-moto, karena terlalu terbuai dengan rasanya yang bikin air liur netes..tes..tes

You Might Also Like

0 comments

Subscribe