Nonton Drama Korea Sambil Bikin Kimbap Ala Chef Anik

February 04, 2016

Kimbap, makanan populer Korea yang terbuat dari nasi, banyak isian dan digulung dengan nori.
Siapakah Chef Anik? Kalau penasaran silakan buka di sini. Jadi ceritanya dia lagi bertandang ke rumah saya, ngapain ya? Kayaknya cuma numpang nonton Running Man. Lalu karena kami kebanyakan ketawa sampai sakit perut, imbasnya perut kami malah jadi kelaparan. Karena di rumah lagi ngga ada makanan dan saya juga hari itu ngga masak, akhirnya kepikiran deh saya minta tolong Chef Anik untuk membuatkan saya Kimbap mumpung masih fresh itu nori sama bamboo mat nya (beli online dan belum diapa-apain). 

Sebelum membuat, saya ngecek kulkas dan ternyata .... kosong! Mau ngga mau saya mampir dulu ke Fortune (tempat belanja sayur dan bahan rumahan paling favorit) buat ngelengkapin apa aja yang diperluin buat bikin Kimbap. Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan:
Pokcoy
Wortel imporMentimun atau Kyori
Telur
Buncis
Nasi, masak sendiri pake magicom
Nori, beli online
Bawang putih, ngambil di kulkas
Es batu, ngambil di kulkas
Air, dari galon

Setelah bahan yang dibutuhkan terbeli, berikutnya adalah alat yang dibutuhkan dalam pembuatan Kimbap. Yang paling utama adalah Bamboo mat, alat ini bisa dibeli di supermarket besar atau kalau malas beli aja online kayak saya. Dan alhamdulillah semua udah ada semua di dapur, termasuk pisau kesayangan hadiah dari pacar. Berikut alat-alat yang digunakan:
Pisau
Talenan
Pan
Bamboo mat
Baskom kecil

Resep membuat Kimbap ditulis langsung oleh chef Anik dan saya masukan ke dalam blog pribadi saya, maklum blog pribadi Chef Anik isinya bukan tentang resep makanan tapi cerita imajiner cinta anak muda. Yang lebih ngga nyambungnya lagi, Chef Anik ini kuliah jurusan kebidanan, punya hobi dan kerjaan sampingan nulis cerita, dan anehnya suka masak (ngga ada yang nyambung). Cek aja blog nya kalo penasaran sama dia.

Berikut cara membuat Kimbap. Persiapan: Potong pokcoy dari batangnya, kemudian bersihkan menggunakan air mengalir. Untuk buncis, cukup memotong pada bagian ujung buncis, setelah itu lakukan hal yang sama seperti pada sayuran pokcoy. Kemudian kupas kulit wortel. Karena kita tidak membutuhkan terlalu banyak, potong wortel menjadi dua bagian. Setelah itu iris wortel sebesar batang korek api yang memanjang. Kemudian cuci bersih. Lalu potong mentimun menjadi dua bagian yang sama panjang. Buang bagian bijinya. Setelah itu, potong menjadi 8 bagian yang memanjang.

Panaskan air, siapkan air beserta es batu di dalam baskom kecil. Setelah air mendidih, masukkan buncis terlebih dahulu. Lalu angkat buncis dan masukkan ke baskom yang berisi air dingin. Lakukan hal yang sama pada pokcoy.  Lalu cacah halus bawang putih. Masak dengan minyak sedikit hingga harum. Masukkan potongan wortel hingga layu.

Kocok 2 butir telur, tambahkan sedikit garam.
Masak pada pan anti lengket hingga matang. Setelah itu, potong memanjang

Siapkan nasi, nori, bamboo mat, dan pisau.

Pasang bamboo mat terlebih dahulu. Taruh nori di atasnya.
Kemudian letakan
 nasi di atas nori. Ratakan nasi menggunakan sendok.

Taruh bahan isi kimbap. Gulung menggunakan bamboo mat sampai kimbab terasa lebih padat. Potong-potong kimbap menjadi bagian yang lebih kecil.

Seluruh pembuatan Kimbap dilakukan oleh Chef Anik. Ya iyalah! Saya kan cuma tim hore yang nyediain apa yang dibutuhin. Abisnya lagi serius kan nonton drama "Cheese in the trap". Jadi pas Kimbapnya udah siap dihidang, saya foto-foto lalu kami berdua lanjut lagi nonton drama sambil makan Kimbap. Jal Mogessemnida!



You Might Also Like

0 comments