Membuat Somay Ayam

Sunday, June 11, 2017


Kalau lagi ke pengen banget makan somay, mau ngga mau harus bikin sendiri karena susah banget nyari yang enak di Jakarta. Beda kalo jaman nya di Bandung dulu, somay mamang-mamang aja enak. Kalau kepingin banget beli, bela-belain ke Jalan Ternate, Bandung demi makan somay favorit yang cuma buka di jam kerja. Nah lagi momen nya bulan Ramadhan kan, saya mau posting tentang cara buat somay ini yang menurutku mudah sih.

Bahan

450 gram fillet ayam
125 gram tepung tapioka
2 sdm bawang putih goreng
2 batang daun bawang
1 butir telur ayam
1 batang wortel
Kulit lumpia

Bumbu halus

2 siung bawang putih
1/2 sdm kaldu ayam
1 sdt garam
1/2 sdt lada bubuk
1 sdt gula pasir


Persiapan

— Cincang daging ayam menggunakan pisau besar atau chopper
— Iris halus daun bawang
— Wortel diparut (saya menggunakan parutan keju)
— Untuk bawang putih goreng, gunakan dua siung bawang putih, diiris tipis kemudian goreng hingga kering, lalu ditumbuk
— Kulit lumpia yang masih beku, keluarkan dari plastik dan letakan di luar ruangan selama tiga puluh menit dengan kondisi dibungkus dengan kain basah
— Siapkan pengukus / langseng, masukan air secukupnya (jarak air dan tatakan langseng setidaknya 3cm), panaskan hingga mendidih


Membuat somay

— Aduk semua bahan di atas (kecuali telur, tepung tapioka dan kulit lumpia) lalu campurkan dengan bumbu halus
— Masukan telur dan aduk kembali hingga merata
— Masukan tepung tapioka dan campur pelan-pelan
— Adonan sudah siap, panci kukusan sudah siap, tinggal masukan adonan ke kulit lumpia satu persatu lalu letakan ke dalam panci. Kukus selama kurang lebih dua puluh menit menggunakan api kecil.


Tips

Awalnya saya menggunakan kulit lumpia pasar, karena terlalu tebal akhirnyya mudah kering jika dibiarkan lama. Ngga enak kalau misalnya mau diangetin lagi. Jadi saya ganti dengan Spring roll pastry merk Finna, harganya cuma 13 ribu-an (isi 50 lembar) dan bisa didapetin di Alfamidi. Kulit lumpia yang dari freezer ini harus dibungkus dengan kain basah saat diletakan diluar ruangan, agar mencegah kering dan memudahkan saat melepaskannya satu persatu-satu.Saat mengukus, sebaiknya posisikan somay melingkar sehingga memudahkan untuk diambil. 

Inilah adalah kali ketiga saya membuat somay. Yang ketiga ini rada gagal karena salah masukin tepung (aku masukin tepung beras) gara-gara ngelamun. Maklum udah jam 3 sore, pikiran udah kemana-mana ngga fokus. Meskipun tepung berasnya udah saya buang, tetep aja masih ada sisa-sisa yang menempel jadi kurang lembut. Tapi waktu saya bawa kerumah mama untuk buka bersama, mereka suka! Yaiyalah, bikinnya kan pake cinta :p

You Might Also Like

2 comments

Subscribe