Salt and Chili Cauliflower

September 30, 2017



Cara mengolah makanan "goreng tepung" yang enak dan gurih itu susah-susah gampang. Meskipun di supermarket udah banyak beredar tepung jadi-jadian yang berlabel krispi, tetep aja hasilnya similikiti, ga memuaskan. Berikut resep "goreng tepung" manual yang pernah saya temukan di dunia maya, lupa sumbernya dari mana, waktu itu sih fokusnya ke menu jamur krispi. Tapi saat ini sudah saya terapkan ke berbagai bahan masakan, seperti daging ayam dan sayur-sayuran selain jamur. Semua caranya sama, hanya beda di bahan utamanya saja. 

Bahan utama: ayam / brokoli / jamur / kembang kol / terong / kol / wortel / bawang bombay

Bahan pencelup: diaduk rata
100 gram Tepung terigu
Air secukupnya
2 siung Bawang putih (minced)
Lada (grinded) secukupnya
Garam secukupnya
1 sendok teh Baking powder

Bahan pelapis: diaduk rata
200 gram Tepung terigu
25 gram Tepung maizena
Garam secukupnya
Lada (grinded) secukupnya
1/2 sendok teh Baking powder

Panaskan dulu minyak menggunakan high heat. Saya memilih pan yang tinggi, atau semacam panci kecil jadi bisa menghemat minyak dan gorengan tenggelam saat di masak.

Bahan utama (ayam atau sayuran) dicelup sekali ke bahan pencelup, lalu ke bahan pelapis dan langsung masukkan ke pan. Sesaat sebelum bahan dimasukan, pindahkan ke medium heat. Tujuannya agar tidak gosong dan semakin krispi. 



And tararaaaa... Sayuran yang tadinya ngga menarik (brokoli dan kembang kol) sekarang siap jadi lauk favorit atau bisa dijadikan camilan. Bisa di cocol saos atau kalau mau kreatif lagi, pake cabe garam. 

Caranya siapin toples atau lunch box yang punya space nya gede. Masukkan cabe bubuk, garam dan lada. Gorengan yang tadi biarkan agak dingin lalu masukan kedalam toples, tutup dan aduk-aduk sambil dengerin Ready Steady Go nya Laruku. Masak-masak jadi menyenangkan! Kembang kol yang notabene selama tiga tahun ini belum pernah ku sentuh, akhirnya bisa jadi lauk kesukaan kita hahahah. Happy cooking!

You Might Also Like

0 comments