Catatan Dadakan Bandung - Pangandaran

Saturday, May 28, 2011

Malam minggu lelah setelah berpacaran dengan Tugas Akhir, tiba-tiba kangen pantai T_T


Lanjutan dari blog gw yang sebelumnya, ternyata rencana buat ngebolang ke pangandaran bener-bener jadi. Walaupun sebenernya sempat ga jadi karena ada masalah finansial akhirnya tetep berangkat juga, dan tetep sama temanya yaitu "DADAKAN". tapi dadakan kali ini lebih parah, karena sejam sebelum berangkat kita baru packing, jam 5 sore kita harus berangkat mengejar Bus terakhir ke pangandaran jam 7 malam.

Setelah persiapan "dadakan", akhirnya kita berangkat dengan modal nekat dan selembar uang 100 ribuan (*dalam hati mudah2an cukup). Awal perjalanan yang membuat sedikit resah dan gelisah, karena kita dari awal udah salah naek angkot ke terminal Cicaheum hingga harus makan waktu dua setengah jam untuk sampe terminal (*sama dengan waktu gw pulang kampung bdg-jkt). Jadi gw saranin kalo mau ke Cicaheum mending minta anter temen naek motor biar ga muter atau ngetem ga jelas angkotnya, atau alternatif lain naik angkot 05 yang merah dari perempatan buah batu.

Sampe terminal kita turun di jalan karena kebetulan ada Bus budiman yang menuju Pangandaran lewat. Dengan sedikit nekat dan ngawur, akhirnya kita bisa masuk bis itu juga. Alhamdulillah, dan ternyata bus itu memang bis terakhir. PAS BANGET!
Sampe di terminal Pangandaran jam setengah 3 pagi, istirahat sekalian sholat Magrib dan Isya. Masjid Raya Pangandaran ini menurut gw cukup bersih dan luas, gw bisa numpang tidur di teras depan sambil sarungan. Memang dari awal kita ga ada rencana buat nginep, ya tidur di jalan atau numpang istirahat di jalan, jadi total perjalanan 2 malam satu hari, agak aneh memang :p

Berikut kegiatan ngebolang selama di pangandaran:

1. Jalan-jalan di dini hari subuh sambil menunggu matahari terbit di pantai sebelah timur pangandaran.



2. Berpetualang di Cagar Alam Pengandaran ala "Petualangan Sherina". Menuyusi hutan rimba, gua, pesisir pantai sampai bertemu dengan beberapa sahabat alam, kera, landak, banteng, rusa, biawak dkk






3. Berteduh dibawah rindang pohon entah apa namanya, sambil menikmati angin laut di pantai pasir putih di sebelah barat pangandaran. Atau buat si ryan yang katanya mulai menyukai olahraga air, bersnorkling ria.


4. Setelah puas menikmati pantai pangandaran, berjalan-jalan lagi dipesisir barat sampai ketemu dengan Kelapa Muda. ni yang bikin ngiler kalo ke pantai =p~ seger banget panas-panas, walaupun agak mahal di pangandaran sudah dikomersilkan, harganya dua kali lipat pas di sayang heulang.


Sekitar jam 1 siang kita kembali ke MAsjid Raya Pangandaran, setelah lelah berjalan kaki dibawah terik matahari. Jam setengah 3, kita putuskan untuk nyoba jelajahin stau pantai lagi yang ga jauh dari pangandaran, yaitu pantai batu hiu. Berkat nanya2 iseng sama orang2 yang lagi touring dan beristirahat di masjid, akhirnya kita berangkat sampe langsung di Pantai Batu Hiu. Pintu masuk nya seperti komplek, ga keliatan kalo didalamnya ada kawasan wisata, mungkin dikelola oleh masyarakat sekitar :p. Lanjut kegiatan kita pas di Pantai Batu Hiu :

5. Apalagi kalo bukan narsis-narsis ria, wuiiih~ suasana pantai batu hiu ngingetin kita sama pulau Lombok. tapi ombaknay yang besar bener-bener memperlihatkan kehebatan ombak yang langsung dari samudera Hindia.





Balik lagi ke terminal Pangandaran, agak sore memang sekitar jam setengah 6. Setelah menemukan warung yang keliatan agak murah akhirnya kita makan nasi!! ya setelah sehari semalam kita cuma makan roti dan roti dan mie mentah. Hahaha padahal kita udah persiapan buat masak2 di pangandaran, udah bawa mie instan buat ngirit tapi apa daya ternyata kita ga bawa parafin!! Wkwkwk dan akhirnay ditahan-tahan buat ga makan.
Lagi-lagi ngejar bus terakhir ke Bandung di terminal Pangandaran jam 8 malam. Alhamdulilah dapet juga, soalnya lagi ga fit buat nginep di terminal :p

-angkot ke cicaheum = 9000
-Bus PP cicaheum-pangandaran = 64000
-Ongkos masuk ke cagar alam = 7000
-es kelapa muda = 6000
-angkot pp batu hiu = 9000
-masuk batu hiu = 2500
-odong2 cileunyi-buah batu = 5000
Total : 102.500

You Might Also Like

4 comments

  1. Salam....teh niken...bolehkah tulisannya saya publish ulang di mypangandaran.com?

    ReplyDelete
  2. Boleh, silahkan saja :)
    Salam kenal, pangandaran! Tempat saya menuangkan rasa gundah gulana lelah mengkuliah hehee

    ReplyDelete
  3. maaf teh itu sampai jam setengah 3, berarti berangkat dari cicaheumnya yang jam berapa? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bus budiman paling terakhir biasanya jam setengah 8 malam. sepertinya cuma budiman aja yg jurusan bandung - pangandaran

      Delete

Subscribe