Terpilih Jadi Petualang ACI2011

August 19, 2011

Begitu banyak pertanyaan tentang gimana caranya gw bisa lolos ACI2011. Hehehe akhirnya gw putuskan untuk gw post lewat blog. Beberapa dari temen gw sampe iri ngeliat gw lolos, sampe dihujam beratus-ratus pertanyaan *lebay*. Semua pertanyaan itu bisa gw jawab, hanya satu pertanyaan tentang "Kemana?" itu yang belum bisa gw jawab, paling hanya dengan celetukan "Kemana aja boyee.." bikin orang jadi penasaran hihi. Di sini gw akan bercerita mulai dari gw daftar ACI sampe bisa lolos.

Photobucket
Bukti otentik dengan foto andalan waktu terpilih 60 Petualang ACI2011
Let's start!
Pertama ikutan ini diajakin sama ryan. Doi emg paling aktif di dunia maya, apalagi kalo ada info-info lomba atau event. Maka, gw sangat berterima kasih sama dia karena udah ngebagi info tentang ACI2011 ini, secara gw jarang update. Setelah dapet info itu, saat itu juga pun gw langsung daftar di hari pertama detikcom membuka pendaftaran. Form terakhir tentang Alasan kenapa harus terpilih itu yang buat gw agak sedikit mikir. Gw harus bikin kata-kata yang menarik nih. Yang gw masih inget kalo gak salah awal kalimat gw bilang "Saya adalah wanita tangguh yang haus akan petualangan ... blablabla" Kemudian gw upload foto andalan gw, foto gaya ketek hehe waktu di Lombok. Setelah itu gw post. Dan beberapa jam kemudian gw baru sadar setelah nyari-nyari info buat lolos seleksi pertama yang ternyata kita harus bikin kata-kata semenarik mungkin di bagian alasan kenapa harus terpilih itu. Oh no! gw terlalu cepat buat daftar tanpa mikir-mikir panjang bakal bilang apa di bagian itu. Si ryan aja sampe nunda buat daftar sebulan kemudian. Hahahaa.. 200 karakter sangat sedikit, sehingga kita harus jeli buat ngisi alasan kenapa kita harus terpilih.
Ok next adalah gw terpilih lolos seleksi 750 besar kandidat petualang ACI2011. Pengumuman tentang peserta yang lolos seleksi tanggal 13 Juli kalo ga salah. Gw tau berita tentang lolosnya gw jg dari ryan lewat mentionnya di twitter. Doh ga update banget sih gw. Dia sampe ngutuk2 gw karena gw lolos dia enggak, hehe. Untuk memastikan gw lolos, harus check email dari detikcom. Karena sempat kejadian kalau nge-check lewat smartphone ada eh ternyata lewat kompi ga ada. Akhirnya gw check email dan ternyata ada! Alhamdulillah.. 750 dari sekian puluh ribu orang akhirnya gw terseleksi. Setelah baca email, gw langsung konfirmasi jadwal wawancara Sabtu 23 Juli jam 12.30. 2 hari kemudian gw baru sadar kalo tanggal segitu itu tanggal wisuda temen-temen gw..aaargh akhirnya gw hubungin lagi langsung kantor detik dan dapet sesi Senin 25 Juli jam 8 pagi!
Proses selanjutnya adalah wawancara di Jakarta. of course, gw lebih milih untuk dateng wawancara. Karena gw yakin face to face bisa lebih meninggalkan kesan yang mendalam dibanding harus lewat video kiriman. Karena gw sempet baca tentang peserta ACI2010 yang sampe bela-belain dari lampung ke Jakarta naek bis karena video yang dia ga terlalu prepare buat videonya. Lagian Bandung-Jakarta deket, sekalian mo ke rumah karena udah berbulan-bulan ga pulang haha. Yang pasti untuk sesi wawancara gw udah nyiapin skenarionya. Bukan skenario yang dibuat-buat, tapi skenario untuk ngegambarin diri gw yang sebenarnya. Karena gw sering lupa dan ga bisa ngatur kata-kata yang bagus buat bikin orang jadi tertarik *karena efek cuek* Skenario yang gw bikin gw samain aja sama persyaratan video kiriman dengan ngejawab 3 pertanyaan :
1. Ceritakan singkat tentang diri Anda
2. Aku Cinta Indonesia, karena ...
3. SAya harus terpilih, karena ...
Nah dari situ gw mulai mengatur kata-kata bijak, pengalaman gw selama traveling, profesi yang berhubungan sama traveling, kayak nulis, fotografi dan siaran radio, gw cinta Indonesia kenapa, dan pastinya kenapa gw harus terpilih *lagi-lagi pertanyaan ini*
Setelah dapat masukan dari beberapa temen tentang skenario gw ini, akhirnya gw siap berangkat minggu sore dari Bandung naek travel biar cepet. Sampe di rumah istirahat, dan dini hari bangun buat siap-siap berangkat ke kantor detik di warung jati barat. Berangkat pake baju merah panjang hasil pinjeman adek gw dan jilbab coklat, rada ga nyambung sih tapi gw cuek aja haha. Sampe di sana ternyata gw adalah peserta ketiga yang dateng paling pagi. Sampe-sampe panitianya aja belum ada yang datang. Hahaha.. Ketemu dua orang tante-tante gw sok-sokan aja akrab ngajak kenalan. Kemudian setelah nunggu hampir satu jam, berkumpulah para peserta yang katanya hari itu sangat sedikit dibanding hari-hari lainnya. Macem-macem profesinya, ada yang mahasiswa, dive master, jurnalis, aiiih keren-keren, kayaknya cuma gw yang pengangguran stuck di skripsi. Hehe!
Pertama kita dikasih no urut, terus foto bareng. Abis itu kita dikasih form isian tentang data diri lengkap, pernyataan kesanggupan kalau seandainya nanti diterima, dan cerita singkat tentang pengalaman traveling yang paling menarik. Yang pasti gw bercerita tentang road trip gw san temen-temen gw selama 9 hari ke 5 pulau di Indonesia. Setelah itu secara bergiliran kita disuruh buat video diri. Dengan pede gw ngomong dengan volume tinggi, biar eksis gitu lho hoho. Sampe-sampe peserta lain teralihkan perhatiannya gara-gara suara gw yang melengking ini waktu kamera standby. Hehe! Awalnya ga gugup, tapi pas diakhir-akhir gw mulai gugup waktu bilang kenapa gw cinta Indonesia. Si mas-mas yang ngevideoin jadi ikutan senyam-senyum malah bikin gw makin grogi. Akh! Setelah itu gw kenalan dengan anak UNHAS yang katanya dia jurnalis di majalah kampus. Dia terpesona waktu ngeliat gw bikin video diri. Tips gw kalo bikin video diri itu minimal kita harus pede, ngomong kenceng biar kedengeran karena kita ga dikasih mic jadi jangan harap kalo kita kayak ngomong biasa suaranya bisa terekam di kamera, terus tinggalkan kesan yang mendalam pada kata-kata terakhir. Kayak gini ...

Bagi saya tidak masalah dimanapun nanti saya dikirim, karena bagi saya dimanapun memiliki kesan dan daya tarik yang indah dan berbeda, karena tempat itu adalah Indonesia, negara kepulauan terbanyak di dunia dengan berbagai suku dan budayanya.
Kemudian sesi berikutnya adalah wawancara. Gw wawancara berdua sama anak gundar, cewe, imut cantik yang ternyata dia juga petualang. Bisa ga ya gw kayak gitu, tampil sexy tapi adventure bangets! wkwkwk, keburu jebol betis gw karena gw suka jalan kaki kemana-mana haha. Wawancara yang memakan waktu hampir satu jam ini bikin gw kelaparan. Di sesi wawancara ini kita langsung berhadapan sama 3 panitia. Pertanyaan yang masih teringat di kepala gw adalah :
- Ceritakan tentang diri kamu
- Berapa lama perjalanan yang pernah kamu lakukan?
- Tempat mana yang pengen kamu kunjungi?
- Kalau seandainya ada temen seperjalanan yang sakit, apa tindakan kamu?
- Kamu adalah leader, seandainya ada beda pendapat apa yang kamu putuskan?
- Abis perjalanan kamu diharuskan bikin artikel, kan capek tuh. Gimana?
- Merk kamera kamu apa?
Lho lho lho..hehehe dan yang pasti pertanyaan terakhir adalah, buat mereka yakin kalo kita pasti terpilih. So, buat temen-temen yang belum lolos, masih ada kesempatan taun depan. Jangan sia-sia kan! Cintai negrimu dengan menjelajahnya sendiri, jangan sampai kejadian lagi kita dijelajah bangsa lain. Kalau bukan kita yang mencintainya, siapa lagi?

Aku cinta Indonesia!
Terima kasih ACIdetik.com!
Salam,
Mahasiswa jurusan IT yang bercita-cita jadi full-time traveler.

You Might Also Like

4 comments

  1. Selamat ya mbak Niken udah terpilih menjadi peserta ACi 2011.... sangat dinanti cerita-cerita petualangannya......
    Persembahkan yang terbaik bagi negeri...

    ReplyDelete
  2. wah.. selamat ya niken
    jangan lupa oleh2 :D

    ReplyDelete
  3. iya mas baktiar, ni saya mau belajar jadi travel writer beneran biar ga acak kadut tulisannya kayak isi2 di blog ini. hehehe

    makasih ka bay! nti oleh-olehnya foto2 aja ya kak! :D

    ReplyDelete
  4. Selamat ya, Nikeeeen...
    Sama nih kita stuck di skripsi. hehehe...
    Sampai jumpa di Jakarta yaaa :)

    ReplyDelete