5 Pulau dalam 9 Hari (last part)

Jun 29, 2011

Sampe di pulau Gili Trawangan hari jumat jam 11 siang. Sebelum bisa menikmati berleyeh-leyeh di pulau ini kita diwajibkan untuk lapor ke petugas setempat dengan mengisi identitas di sebuah buku *udah kayak buku tamu aja haha* , menunjukkan KTP dan berapa lama akan tinggal di Gili Trawangan. Rencana awal kita tidak bermalam di sana sehingga kita hanya membayar retribusi 2000 rupiah saja. Mungkin kalo buat bule lebih mahal kali ye.


Berhubung waktu shalat jumat ga lama lagi, akhirnya kita semua sholat jumat dulu, kecuali gw tentunya. Di sini gw salut sama penduduk asli Lombok, biarpun sekeliling pulau banyak bule-bule berbikini, ternyata suasana islami masih sangat terasa di sini. Gw paling suka liat cowok kalo abis jumatan pake baju koko and wangii, hooo jadi keliatan ganteng dan charming gitu. Hampir satu jam gw nunggu mereka, tanpa buang-buang waktu pun gw ambil kamera dan jeprat jepret sendiri ngambil gambar dengan background Gili Meno, kayak gini hasilnya :


Dimana-mana yang namanya jadi cewe terkadang ngalamin gangguin dari cowo iseng. Biarpun gw udah nutup diri rapat-rapat pake hijab, yang namanya gangguan kadang ada aja. Untung gw punya sifat cuek bin bodo amat, jadi reaksi gw buat ngadepin hal kayak gitu ya tinggal acuhin aja. Ini kejadian pas gw lagi moto2 sendiri pake timer, awalnya gw pura-pura ga denger. Karena makin lama makin nyebelin akhirnya gw pindah tempat. Hahahaa inilah yang kadang jadi pertanyaan temen-temen gw, "Lo ga takut ken kalo pergi traveling sendirian atau cuma jadi cewek sendiri." Yaah, kalo takut nya diikutin, kapan jalan-jalannya dongs! Kalo butuh bantuan tinggal teriak, atau kalo cuma jadi cewek sendiri ya bersikap wajar aja yang penting tidak mengundang nafsu, gw bersyukur temen-temen gw selama traveling sampai sekarang ini mereka bener-bener bisa menghargai gw sebagai perempuan, walopun kadang mereka ga ngaggep gw cewe buat becandaan saking macho nya gw kali yaa hahaaha, it's OK gw masih bisa ngejaga diri gw baik2 :D Perjalanan gw 9 hari ke Lombok ini gw jadi ratu, satu-satunya cewe. Lagian kalo gw ga ada, trip ini juga ga bakal ada *pedee* tapi bener kan?



Ini pemandangan yang diliat di sepanjang jalan utama di pinggir pulau. Seperti yang sebelumnya gw bilang, di pulau ini cuma ada kendaraan pake kuda dan sepeda, tidak ada kendaraan bermotor seperti di pulau Tidung. Jadi bener-bener kerasa alaminya di pulau ini, gada berisik2 suara kendaraan bermotor, palingan suara alunan musik dari cafe-cafe yang ada di pinggir pantai. Paling asik kalo ada yang nyetel lagu2nya steven "Sunset"..uhuuu~ kerasa banget suasana pantainya.





Di sini ternyata ada penangkaran penyu-penyu yang masih kecil. Kalo prosesi bertelurnya ga tau sih di Gili Trawangan ada atau gak, tapi melihat kondisi pulau ini yang sudah lumayan ramai kayaknya ga mungkin induk penyu mau bertelur di pulau ini. Kegiatan pertama yang kita lakuin di pulau ini adalah snorkeling. Melihat birunya laut, beningnya pesisir pantai, dan putihnya pasir sekemilau kristal, membuat mereka ga tahan buat langsung nyebur. Gw, karena ga bisa berenang maka gw ga ada niat buat nyebur. Ritual yang selalu gw laukan setiap di pantai aldalah dengan duduk beralaskan ponco yang selalu di bawa kemanapun pergi, sambil menikmati angin laut, suara ombak dan bau pantai. Sangat sederhana, tapi buat gw hanya dengan menikmati laut berleyeh-leyeh seperti ini gw udah bener-bener bahagia. Life is beautiful. Begitu ungkapan gw dalam hati.



Lagi enak-enak ngebayangin sandaran diatas pasir disebelah gw ada Lee Min Ho, tiba-tiba mereka lapor ke gw kalo mereka pengen stay semalam di Gili Trawangan. Hah?! gw kaget karena kita ga ada persiapan sama sekali buat nginep, baju seadanya, duit juga seadanya. Mungkin posisi gw di trip ini adalah Komandan, jadi kalo gw ga setuju semua harus ngikutin keputusan gw. Hahaha. Tapi dengan pertimbangan yang sedikit tidak matang, akhirnya gw menyerah dan malam itu kita nginep di Trawangan.





Foto ini gw lombain dapet hadiah keliling Eropa *boong abis*

Dan akhirnya gw pun ikutan snorkeling juga, setelah di racunin sama mereka kalo underwater gili trawangan keren banget. Hanya kedalaman 1-2 meter udah bisa liat ikan berenang warna warni..Hahahaa FYI : cuma gw yang pake pelampung *karena ga bisa berenang*

Photobucket


Mungkin karena udah lama banget ga nyelem ke dalam air, gw sedikit jadi phobia air. Jadi lah gw cuma tiga kali nyelem abis itu langsung ke darat dan melanjutkan aktifitas ritual gw seperti biasa. Jam 4 sore Gili Trawangan diguyur hujan. Akhirnya kita berteduh di bilik entah milik siapa berhubung kita belum sempat sewa penginapan. Setelah itu mulailah kepanikan buat nyari penginapan, karena semua tempat rata-rata diatas 200ribu untuk satu malam. Setelah berdua amoy buat nego sana sini akhirnya dapet penginapan yang lumayan murah 150ribu permalam, tempatnya juga bersih dan strategis cuma butuh jalan kaki ga lebih dari 30 langkah udah sampe di pinggir pantai sebelah timur. Cuma satu kekurangannya, gak ada keran buat buang air atau ember. Gw sampe minjem ember+gayung sama penjaganya, kasian buat temen2 gw yang ntar tiba2 kebelet atau BAB wkwkwk.

Photobucket
Ini jalan menuju ke cottage tempat kita nginep


Setelah menaruh barang-barang di sana, amoy, ryan anggi lanjut buat surfing *udah gaya ternyata ga ada yang nyewain papannya* dan tamam, abal, alan jalan-jalan ke pantai. Gw, mandi mumpung ga ada orang. Hahahaa... Kayaknya kondisi rata-rata kamar mandi penginapan dibuat agak tembus pandang. Kenapa ya? hahahaha Setelah itu, buru-buru gw cari penyewaan sepeda buat ke pantai bagian barat. Kalo jalan gw takut gw ga bis ngejar sunset, akhirnya gw ngebut tuh pake sepeda sampe keringetan *padahal baru aja mandi*. Pertamanya gw lewat bagian utara setelah dapet info dari yang nyewain sepeda. Setelah ngos2an, dan baru sampai ujung utara, ternyata kondisi jalannya sudah tidak berbatako alias cuma pasir aja. Ga mungkin gw terusin karena roda sepeda pasti selip di pasir. Akhirnya gw putar arah, karena kesal, pas lewat depan toko sewa sepeda tadi, "Eh dasar kalian tukang bohong" sambil melaju sepeda. Hahahaha. Mungkin karena sikap gw yang jelek ini akhirnya gw ga dapet sunset sampe tenggelam T_T.

Photobucket

Photobucket


Gw nikmatin sunrise ini sendirian dan yang lain pada balik ke penginapan. Lumayan jauh juga untuk menuju lokasi view sunset. Karena hampir gelap akhirnya gw putuskan kembali ke penginapan sekalian cari baju buat ganti. Ternyata kaos2 souvenir yang dijual di Lombok berasal dari Bali, makanya harganya jadi mahal. Setelah sampai di penginapan, gw disambut. Lho kok jadi heboh, ada apa ini. Katanya mereka abis kewalahan nyari2in gw. Waduh udah kayak anak ilang aja. Hihihi. Ternyata mereka nyari2 gw itu buat nyari kamera pocket gw yang katanya ilang. Mereka kira gw cuma bawa dslr nya amoy aja, padahal kamera pocket jg gw bawa tanpa sepengetahuan mereka. Rame2 sambil megang kening "Capeee deeeh!"

Inilah kegiatan kita paling geje di Gili Trawangan. Gw ngitung2 duit sisa perjalanan sampe Lombok, Ryan, bergaya lagi party di sebuah cafe yang sepi, dan Tamam bergaya ala Tuan Takur lagi liburan ke Lombok. Hhahahaa.

Photobucket

Photobucket

Photobucket


Makan malam di Gili seadanya, nasi goreng seporsi 10 ribu. Yang paling ngabisin duit di Gili adalah beli air minum. Hargany amahal, tapi mau ga mau kita harus beli. Bawaan kalo lagi dipantai memang begitu, haus terus menerus, karena keringat yang dikeluarkan lebih banyak dari buang air. Di Lombok kayaknay cuma ada satu perusahaan air mineral, karena setiap kita mau beli cuma merk ini yang ada. Namanya N*rmada Awet Muda. Yang minum dijamin awet muda!

Photobucket

Hari besoknya, kegiatan gw dari mulai subuh udah bangun paling pagi buat dapetin sunrise, abis itu jalan kaki nyusurin pantai *muterin Gili Trawangan*. Yang lain hmmm kayaknay ada yang snorkeling deh, gw udah ga mikirin lagi yang lain mau ngapain terserah. Ini liburan gw, kalo kata Trinity: "It's my vacation, I want to do it my way!" Memang egois, tapi gw udah nabung2 sampe uang tabungan kamera gw embat ya gw harus nikmatin dongs. Hahahha setelah cek out dari penginapan kita berleyeh-leyeh di pantai.

Photobucket


Photobucket
Sparta!!

Photobucket

Photobucket
Jemur baju mumpung panas

Photobucket
Wah ada yang porno! ups*

Setelah dari pulau Gili Trawangan, istirahat selama beberapa jam sampai Yud,a temen gw asli Lombok yang saat itu lagi nikmatin liburan di rumah karena udah keterima di sekolah pilot, datang untuk mengajak kita semua puter2 kota Mataram, beli oleh-oleh, nongkrong di tempat gaul anak mataram, dan kuliner pastinya. Sate rembiga dan sate bulayak jadi pilihan *karena paling murah*



Photobucket



Photobucket



Photobucket



Photobucket
Malamnya kita beristirahat, dan paginya setelah pamit kita langsung menuju Bali. Di Bali ya biasa aja sih. Kita ke beberapa tempat yang udah biasa dikunjungin di sana yaitu GWK dan pasar Sukowati. Gw udah dua kali ke sana yang lain juga udah beberapa kali ke sana. Cuma Tamam dan Ryan yang heboh karena belum pernah ke Bali. Hahaha. Oya di Bali gw sempat terserang penyakit aneh, perut gw mendadak mules terus2an dan bunyi tapi enahnya gw ga bisa ngeluarin, kayaknya kebanyakan makan sate rembiga yang pedes nampol itu plus pelecing kangkung sehari sebelumnya..aaaaarrgh...


Photobucket

Photobucket

Photobucket
Kegejean di jogja pas nunggu amoy ngelayat di rumah sodaranya


And the last..
Photobucket
no this is not the last of our journey. this is one of the journeys we'll run through..


Part 1
Part 2

5 comments

  1. sate bulayaknya kelihatan enak banget, tapi udah nyoba pelecing kangkung, nasi puyung sama /ayam taliwangnya belum,,??
    salam kenal

    ReplyDelete
  2. sate bulayaknya kelihatan enak banget, tapi udah nyoba pelecing kangkung, nasi puyung sama /ayam taliwangnya belum,,??
    salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. pelecing kangkung sm ayam taliwang udah dihidang sama tuan rumah tempat kami numpang nginep hehe.. kalo sate masih enakan sate rembiga!! salam kenal juga marlion :)

      Delete
  3. wah kalau belum coba Ayam Taliwang, Pelecing kangkung, Sate Rembige, nasi Puyung, Berasa Belum Ke Lombok.

    ReplyDelete
  4. Terimakasih untuk artikel yang sangat bermanfaat ini, kami bertambah pengetahuan setelah membaca artikel ini, para pembicara internet marketing selalu menyarankan untuk kita terus menulis artikel bermanfaat seperti ini, salam dari mutiara untuk membawa kesuksesan pearl wholesale Indonesia dan sukses selalu untuk Anda.

    ReplyDelete