Itinerary dan Budget Trip 10 Hari India

Apr 6, 2020

Masih dalam fase PTSD (Post Traveling SynDrom), saya jadi serajin ini menulis. Bayangin ya biasanya mood nulis itu muncul bisa sampai setahun atau malah dua tahun setelah jalan-jalan. Sampai basi. Hahaha.. Kali ini saya akan berbagi detail budget perjalanan ke India tanggal 28 Februari - 9 Maret kemarin sebagai pengingat kalau-kalau nanti mau nge-trip lagi ke India dan semoga bermanfaat bagi yang membaca.  Pengeluaran dalam perjalanan kami ini dihitung untuk 2 orang, jadi nanti totalnya perorang tinggal dibagi 2 saja.

Day 1: Penerbangan CGK - KUL - DEL

Pesawat kami berangkat dari Bandara Soekarno Hatta pukul 13.40, kemudian transit selama dua jam di Kuala Lumpur. Di waktu transit yang terbatas ini kami menyempatkan untuk mengambil uang Ringgit Malaysia (MYR) di mesin ATM CIMB Niaga menggunakan kartu debit Mandiri saya, kemudian menukar Ringgit nya ke Rupee India (INR). Berhubung membeli uang di Money Changer pasti ratenya tinggi maka kami hanya membeli seperlunya saja untuk membayar airport shuttle dan membeli simcard di India. Segitu nggak prepare nya kita sampai cuma bawa rupiah secukup nya, kartu debit dan kredit.

Nilai tukar INR saat di money changer setelah saya tukar dari MYR adalah 1 INR = 234 IDR. Saat saya ambil melalui mesin ATM Bank AXIS di India nilainya 1 INR = 208 IDR, sedangkan melalui mesin ATM Bank State of India nilainya 1 INR = 202 IDR. Cukup murah menggunakan bank milik pemerintah di India. Berikut pengeluaran di hari pertama kami di India. Saya menggunakan kurs 1 INR = 210 IDR.

TransportAirport shuttle ke Hotel600126,000
Parkir Bandara23048,300
StayHotel Hi Life Delhi840176,400
MealsMakan siang di Jakarta70,000
Makan malam di Kuala Lumpur148,000
Things to doBeli Simcard Airtel615129,150
Masjid Jama di Delhi
Day 2: Jalan-jalan di sekitar Delhi & Perjalanan Bus ke Manali

Hari pertama di Delhi kita nggak kemana-mana sebetulnya, tapi lebih fokus untuk membeli tiket kereta antar kota selama kami di India secara offline di kantor pemesanan khusus turis di New Delhi Station (NDLS) karena membeli tiket kereta di web IRTCC agak ribet. Selain itu kami mampir ke Masjid Jama —The Great Mosque of Delhi, salah satu masjid terbesar dan tertua yang ada di India.

Setelah dari Masjid Jama kami kembali ke hotel untuk kemudian extends menyewa kamar selama satu jam untuk makan malam, bersih-bersih dan sholat sebelum berangkat ke lokasi pickup bus ke Manali. Untuk semua bus yang kami gunakan selama di India kami pesan melalui aplikasi RedBus. Pembayaran nya sangat mudah, dengan catatan nomor ponsel yang digunakan untuk autentikasi nomor kartu debit atau kartu kredit harus aktif. Cara paling mudah ya sebelum berangkat saya menitipkan kartu sim Bre ke adik saya, dan minta diaktifkan ke ponsel nya.

TransportTiket metro 3 x 2 (@INR 30)18037,800
OthersExtends 1 jam di Hotel Hi Life20042,000
Toilet Deluxe102,100
Berswafoto dengan ibu-ibu penyewa Baju Khas Himachal di Van Vihar National Park
Day 3: Explore Manali #1 Jalan-jalan di sekitar penginapan

Kami sampai di Manali tengah hari, jadi kami masih memiliki waktu untuk mengeksplor daerah sekitar penginapan. Cerita lengkap trip kami selama 4 hari melancong di Manali sudah saya tulis. Di hari pertama di Manali kami hanya mampir ke Van Vihar National Park yang lokasinya dekat dengan penginapan kami. Kemudian sore menjelang malam kami jajan-jajan ke Manali Mall Road.

TransportTaxi10021,000
Sewa baju khas Himachal (2 x @INR 50)10021,000
Foto dengan baju khas Himachal (15 foto)25052,500
Berswafoto dengan Mr Debu dan teman-temanya para pelatih ski di Solang Valley
Agak out of focus, yang motoin kayaknya lagi laper
Day 4: Explore Manali #2 Main ski di Solang Valley

Perjalanan kami ke India hanya berbekal dari tulisan tentang Manali punya nya Mamie Funkytiga hari sebelum berangkatTernyata selain melihat pegunungan salju kita juga bisa main ski di Manali. Untuk saya dan Bre yang baru pertama kali main ski pun tak masalah, karena kebanyakan yang main di sini pemula! Jangan ngarep untuk ketemu turis bule karena di sini isinya semua orang Punjab. Ngapain jauh-jauh ke India main ski, mereka mah naik gunung Himalaya kali.

Siapin budget sebesar 1000 rupee atau 200 ribu rupiah per orang untuk sewa alat dan baju ski, cukup murah untuk menambah satu achievement main ski di tempat bersalju, hehe. Tapi jika tidak mau main ski langsung saja datang ke lokasi, tidak dipungut biaya kok. Tempat kami main ski masuk melalui jalan masuk ke Hotel Iceland. Lewat hotel ini, kita bisa jalan-jalan ke daerah lembah nya. Setelah main ski, malam nya kami ke Hadimba Temple.

TransportSewa Motor1,000210,000
Sewa kaos kaki (@INR 50)10021,000
Hadimba Temple & Gatotkacha Temple00

Berswafoto dengan Inspektur Mohan, sebelum trekking ke Gulaba View Point
Day 5: Explore Manali #3 Trekking ke Gulaba View Point dan Naik Gondola di Solang Ropeway

Rencananya kami mau ke Air Terjun Jogini lalu ke Palchan Ski (tidak main ski cuma numpang main aja), dan terakhir ke Gulaba Village. Tapi ya namanya hanya rencana, pada akhirnya semuanya saya coret dari list. Tapi untungnya kami sewa motor sendiri jadi rasanya lebih bebas. Mau jalan kemana pun hayuk, berhenti di sepanjang jalan yang view nya amazing juga santai saja.

Kami mampir ke Shanag Bridge, nyebrangin jembatanannya terus balik lagi. Kemudian trekking ala-ala di Kothi Village yang rasanya seperti lagi pegunungan Swiss, membuatku jadi tidak ingin lagi ke Swiss, ups! Lalu menghabisi senja dengan naik gondola di Solang Ropeway. Sebelum mengembalikan motor sewaan, kami sempat mampir ke Museum Himachal yang ada disebrang Hadimba Temple. Malamnya kami makan mewah Ikan Salmon bakar padang di restoran —budget makan paling gede selama di India.

TransportSewa Motor1,000210,000
Solang Ropeway (cable car @INR 650)1,300273,000
Museum of Himchal Culture and Folk Art6012,600
Hari terakhir di Manali nongkrong di Mall Road bareng sama warga lokal
Day 6: Explore Manali #4 dan Perjalanan ke Delhi

Hari terakhir di Manali kami bingung mau ngapain lagi, kelamaan kali ya. Sama kayak waktu seminggu lebih di Iceland, karena nggak ada kendaraan sendiri jadi paling kita eksplor daerah sekitar penginapan saja. Kalau masih ada motor sewaan pasti kami udah ngacir kemana-mana lagi. Dan yang paling memungkinkan di sekitar penginapan adalah Manali Mall Road, yang lebih tepatnya disebut sebagai pasar dan alun-alun. Banyak warga lokal dan anak sekolah berkumpul di sini, begitu juga turis.

Sebelum putar-putar pasar, saya mampir dulu ke Tourist Information Centre yang ada di ujung mall dekat patung Jawaharlal Nehru. Di sini kami nggak dapat informasi apalagi inspirasi. Hanya dapat selembar kertas fotokopi-an yang bergambar manual peta Manali dengan beberapa informasi nya. At least, selama di India cuma di sini saya dapat brosur gratis. Hahaha. Kemudian kami menghabisi hari dengan belanja oleh-oleh sampai sore. Malamnya kami melanjutkan perjalanan dengan bus ke Delhi.

TransportTaxi10021,000
Bus Holiday Appeal Manali - Delhi (13hrs) 2,233468,930
StayTidur di Bus00
MealsSarapan masak sendiri00
Makan siang di Saba Restaurant480100,800
Makan malam di Terminal Bus13027,300
Things to doExplore Mall Road Manali00

Stasiun Old Delhi
Day 7: Perjalanan ke Jaipur

Bus kami dari Manali sampai di Delhi sekitar pukul 7 pagi. Sedangkan jadwal kereta kami dari Delhi ke Jaipur berangkat pukul 11:40. Cukup lama sengaja memang kita luangkan jeda waktu nya. Buat jaga-jaga kalau misalnya bus kita sampai Delhi telat atau ada kejadian tak terduga lainnya. Ini adalah pertama kalinya kami naik kereta di India, so it's better to wait than sorry

Ternyata setelah tiga jam nunggu, jutsru kereta kita jadi delay dua jam. Cukup bikin kesal dan bingung karena Stasiun Old Delhi ini stasiun lama jadi masih jadul, tidak ada informasi yang jelas tentang jadwal kereta. Dari pengalaman ini saya berkesimpulan (setelah perjalanan antar kota 3 kali naik bus dan 2 kali naik kereta) bahwa naik bus di India lebih baik dibanding kereta. Setidaknya jadwal bus lebih tepat waktu dan lokasi pickup jelas. Akhirnya kami sampai Jaipur pukul 8 malam,  di stasiun kami diikuti supir taksi yang membuatku parno. Jadi kami putuskan untuk jalan kaki saja ke hostel. Tidak ada aktivitas yang mau kita lakuin di Jaipur malam itu selain langsung beristirahat setelah perjalanan panjang dari kota Manali.

TransportKereta Delhi - Jaipur2,330489,300
Things to do-00
OthersSewa Upper Class Room (@INR 10/ hr/ person)6012,600

Bersama Mr Abdul, supir Tuktuk yang mengantar kita keliling Jaipur
Day 8: Keliling Jaipur Pakai Tuktuk

Cerita lengkap perjalanan kami di Jaipur sudah saya tulis di sini. Cukup seru dan bikin masuk angin jalan-jalan di Kota Pink ini pakai Tuktuk. Kami mendatangi tempat-tempat wisata yang cukup umum di Jaipur, yang kebanyakan adalah bangunan istana dan benteng tua. Sayangnya di beberapa tempat biaya tiket masuk nya cukup mahal untuk turis asing. Sudah mahal tapi kita tidak memperoleh brosur atau informasi lengkap tentang sejarah tempat-tempat tersebut. Mungkin kita di suruh googling aja kali ya, jadi masuk ke tempat nya buat foto-foto aja.

Akhirnya saya tidak jadi ke City Palace, karena biaya masuk nya lebih mahal dari biaya tiket Taj Mahal! Lagipula saat ke City Palace waktu kita sudah mepet. Salah satu tempat yang saya sayangkan adalah Albert Hall Museum. Jadi kami menghabiskan sore dengan nongkrong cantik di cafe hostel sembari menunggu bus kami yang berangkat ke Agra.

TransportKereta Jaipur - Agra (Angus)25052,500
Nahargarh Fort21044,100
Jaj Mahal00
OthersToilet102,100

Day 9: Menjelajah Kota Agra

Setelah perjalanan 5 jam menggunakan bus dari Jaipur, kami sampai di Agra pukul setengah 10 malam. Sudah cukup sepi tidak seperti di kota-kota besar lainnya. Sampai Hotel Sidharta kami langsung mandi air hangat dan istirahat, buat persiapan esok hari nya ke Taj Mahal subuh-subuh jadi kami nggak perlu mandi lagi.

Sebelum ke Taj Mahal kami sudah mencari informasi dan tips untuk mempermudah trip kita ke sana. Karena ini adalah bangunan ikonik, salah satu dari tujuh keajaiban dunia, saya yakin tidak hanya turis asing tapi juga turis lokal pasti akan memenuhi tempat ini. Tulisan tentang Taj Mahal bisa dibaca di artikel saya sebelumnya. Untuk Agra Fort mungkin nanti akan saya tulis juga kalau sempat, hehe. Setelah dari Agra Fort, kami melakukan perjalanan menggunakan kereta ke Delhi.

TransportKereta Agra - Delhi2,000420,000
Agra Fort0
Tambahan tiket Agra Fort10021,000

Beli pouch-pouch lucu buat oleh-oleh di Pasar Janpath
Day 10 & 11: Explore New Delhi dan Penerbangan ke Jakarta

Malam sebelum nya, setelah sampai Delhi kami terlunta-lunta karena sudah tiga hotel menolak kami untuk menginap. Kami sampai Delhi saat itu tanggal 8 Maret, di mana sehari sebelumnya kasus Covid-19 di India baru merebak begitu juga dengan Indonesia, jadi paspor kami membuat mereka lebih protektif. Kami pun memutuskan untuk tidak jalan-jalan lagi di Delhi di hari ke 10 ini.

Sambil membawa dua tas besar, kami mampir nongkrong sebentar ke Chai Point, cafe khusus Chai di Connaught Place untuk membeli dua pak Masala Tea untuk kami bawa pulang ke Indonesia. Kami memang berencana untuk langsung ke Bandara jadi kami tidak menitipkan tas di Hotel. Sambil nge-chai dan browsing, saya menemukan pasar yang tidak jauh dari Chai Point. Kami titipkan tas di cafe ini lalu jalan-jalan ke Janpath Market, pasar oleh-oleh yang cukup bersih dan rapi yang berjejear di bawah pepohonan rindang. Sekembalinya dari sana saya mampir ke 24Seven, satu-satunya convenience store yang ada dan kami kunjungi di India.

TransportUber ke Connaught Place9018,900
Others-00
Flight to KULPesan makan di Pesawat34071,400
Flight to CGKBeli roti di KUL30,000

Selama di India sejujurnya saya nggak banyak nawar karena tanpa ditawarkan pun menurut saya harganya masih murah dan masuk akal. Saya masih ingat, saya hanya sekali menawar dengan kekeuh saat belanja selimut berbahan dari bulu Yak di pasar Manali. Itu saja, lainnya pasrah aja sih, apalagi saat naik Tuktuk. Paling mentok saya tawar 50 rupee karena tujuan kami hanya 2km. Setelah hampir 10 hari di India, saya baru menyadari ternyata lebih irit kalau pakai Uber, yang akhirnya saya gunakan untuk ke Bandara saat pulang.

Dua chai dan dua maggie masala mi di Chai Point, yang ditotal sekitar 80 ribu berdua
Untuk ukuran cafe harga segitu wajar sih sama kayak di Indonesia

Nggak lengkap kalau nggak nyobain Lays rasa Masala yang cuma bisa didapetin di India
Total budget yang kami habiskan selama 10 hari di India adalah 41.248 rupee atau sekitar 8,9 juta rupiah untuk berdua. Jika dihitung perorang berarti sekitar 4,5 juta. Murah banget kan? Itupun kita sudah cukup hura-hura, makan selalu di restoran dan nginep di hotel selalu dengan tipe private double bed. Tiket pesawat 3 juta pulang pergi pakai Air Asia (nggak kapok-kapok). Kira-kira next trip kemana lagi ya? Sabar dulu lah, di rumah saja, banyak berdoa, semoga bencana wabah ini segera berakhir.

2 comments

1. ken cara masukin tabel gitu gimana sih?

ReplyDelete
    Replies
    1. masukin library bootstrap ke html, terus tabel nya pake tr td aja mir, aku convert dari google sheet lewat web ini biar cepet pake copy paste aja https://tableizer.journalistopia.com/, lumayan bisa kebaca di mobile version, klo mau rapih lagi pake div col tapi rieweh wkwkwk