Cara Migrasi PLN Listrik Pascabayar ke Prabayar

Jul 6, 2020


Jadi ceritanya sudah lebih dari setahun ini saya mengurus pembayaran listrik di rumah orang tua saya yang masih menggunakan sistem Pascabayar. Berhubung beberapa bulan terakhir ini tagihannya semakin meningkat (lebih dari dua kali lipat) saya berencana mau migrasi ke sistem Prabayar (Listrik Pintar). Di rumah saya sendiri memang dari awal sudah pakai Listrik Pintar (mode token) dan pengeluarannya stagnan, tidak ada kenaikan yang signifikan terkecuali memang pemakaian lagi tergenjot karena Work From Home. Saya perhatikan jumlah pemakaian kami (rumah Saya dan rumah orang tua) tidak berbeda jauh seperti mesin air jet pam, kulkas, mesin cuci, jumlah lampu, jumlah pendingin ruangan, dan penanak nasi. Terlebih saya pakai water heater, oven, dan toaster. Tapi jumlah KWH yang digunakan di rumah orang tua saya bisa 2x lipat dari penggunaan di rumah saya (di cek dari nomor meter di tagihan tiap bulan). Lalu di mana letak permasalahannya?


Awalnya saya sempat menduga karena pendingin ruangan di rumah orang tua saya sudah terlalu jadul jadi watt nya besar. Tapi kenapa naiknya baru tiga bulan ini? Ternyata jawabannya ketemu di salah satu twit yang melintas di timeline Twitter. Alasan naiknya, karena petugas mengganti meteran sehingga perputaran nya dua kali lebih cepat. Hahaha. WTF!

Jadi saya putuskan untuk mengganti mode pascabayar PLN ke mode token saja. Jadi pemakaiannya lebih jelas dan kita bisa atur sendiri. Saya mulai dengan browsing sana-sini untuk mencari informasi apakah migrasi ini perlu biaya? Karena saya pernah dapat informasi untuk pasang baru biayanya bisa lebih dari 1 juta rupiah. Ternyata untuk migrasi ke Listrik Pintar kita tidak dipungut biaya alias gratis. Saya pun memutuskan untuk menulis artikel ini karena sejujurnya saya mengalami sedikit drama.

Cara migrasi PLN Pascabayar ke Prabayar:

1. Buka laman resmi PLN https://portal.pln.co.id/ lalu masuk ke menu Pelayanan Pelanggan, nanti kita akan diarahkan ke laman https://layanan.pln.co.id/. Di sini saya mulai bingung karena jujur saja tampilannya sungguh tidak user friendly. Saya sempat misuh-misuh sendiri karena bingung musti ngapain sampai akhirnya menemukan tombol Setuju/Tidak Setuju yang ada di paling bawah inframe.


2. Klik submenu Perubahan Daya di bagian Web Korporasi PLN. Lalu klik tombol Setuju. Nanti akan muncul pop-up window lalu klik OK.


3. Untuk mempermudah dalam mengisi form, kita masukkan dulu Identitas Pelanggan atau nomor meter yang biasa kita gunakan untuk bayar listrik yang ada di pojok kanan atas lalu klik tombol Cari, sehingga kita bisa menggenerate bagian Data Pelanggan dan Data Pemohon secara otomatis.


Data Pemohon
Data Pelanggan

Lengkapi form yang masih kosong seperti email dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

4. Langkah selanjutnya isi form di bagian Tarif/ Daya Baru.

  • Produk Layanan: PRABAYAR
  • Peruntukan: RUMAH TANGGA
  • Keperluan: Z0253 RUMAH PRIBADI
  • Daya: 2200 (saya tidak merubah daya, hanya merubah sistem produk pelayanan). 
  • Token Perdana: Silakan pilih, saya memilih 50.000 untuk token pertama yang nanti digunakan.

Klik tombol Hitung Biaya. Di bagian Detil Biaya akan muncul total biaya yang harus kita transfer. Karena migrasi ini gratis maka biaya yang kita bayarkan hanyalah senilai token yang tadi kita isi.

5. Ceklist persetujuan kamu dan masukan kode yang ada di gambar. Lalu klik tombol Simpan Permohonan.


6. Cek email kamu. Nama tarif baru berubah dari R1 menjadi R1T, namun daya tetap sama.

Kode transaksi di bagian bawah email sebagai kode konfirmasi

7. Kembali ke laman https://layanan.pln.co.id/ lalu masuk ke submenu Entri Kode Konfirmasi. Masukkan kode transaksi yang ada di bagian bawah email. Lalu klik tombol Simpan

Simpan No Register dan No Agenda ini. Lalu lakukan cek email, kita akan memperoleh email baru lagi dari PLN untuk melakukan pembayaran.


8. Di sini lah langkah selanjutnya yang lumayan bikin drama. Bagaimana cara kita bayar? Tidak ada panduan resmi yang bisa kita peroleh untuk melakukan pembayaran ini. Saya coba ngubek-ngubek website PLN tapi nggak nemu. Akhirnya saya coba menghubungi Customer Service melalui DM ke akun resmi Twitter @pln_123. Lumayan cepat responnya tapi ...


Tapi semua panduannya menyesatkan! Entah apa yang merasuki Mbak Elfira ini hingga semua jawabannya seperti copy paste dari Google. Saya bolak-balik menunjukan bukti pesan gagal transaksi dan tagihan terblokir. Sebetulnya saya sudah sangsi saat membaca panduan pertama yang Mbak Elfira ini kasih, karena sudah jelas No Register ada 13 digit dan No Agenda ada 18 digit.  Lalu 16 digit yang dimaksud di panduan itu nomor apa??? Karena terus gagal saya ngadu lagi lewat DM. Katanya kita tidak bisa bayar lewat e-banking, harus lewat Teller Bank atau ATM. Oke, akhirnya saya meminta tolong Bre untuk ke ATM sesuai dengan panduan yang Mbak Elfira kasih. Ternyata ZONK juga, Bre sudah nyoba ke dua ATM berbeda tapi gagal. Baiklah mungkin saya harus ke Teller Bank. Tapi karena masih pandemi gini saya masih parno ke tempat ramai apalagi Bank yang nggak pernah sepi. 

Setelah seminggu saya mencoba lagi peruntungan lain dengan menghubungi Customer Service melalui DM ke akun resmi Instagram @pln123_official. Respon nya agak lama tapi jawabannya mumpuni. 

Cara melakukan pembayaran yang benar

Jadi untuk melakukan pembayaran untuk proses migrasi PLN Pascabayar ke Prabayar adalah dengan cara ke Teller atau ke ATM, sama seperti yang dibilang Mbak Elfira hanya saja untuk tata cara bayar di ATM yang benar bisa dilakukan seperti langkah yang diberikan oleh Mas Mutakin di atas. 

9. Setelah berhasil melakukan pembayaran kita bisa mengecek status migrasi kita melalui laman https://layanan.pln.co.id/ lalu masuk ke submenu Status Permohonan. Masukan No Agenda atau No Register lalu klik tombol Cari.


Saya melakukan pembayaran melalui ATM pada tanggal 1 Juli 2020, kemudian petugas PLN menghubungi saya pada tanggal 5 Juli 2020 untuk melakukan pemasangan alat metering baru. Janjian jam 3 sore, tapi ditunggu sampai setengah 7 malam baru datang. Proses pemasangan tidak lama, hanya saja mereka tidak bisa memindahkan alat metering yang tadinya ada di area halaman outdoor ke area teras. Karena alat metering baru ini katanya sih ngga bisa kena air atau hujan, bisa korslet katanya makanya harus dipindah. Untuk melakukan proses pemindahan alat metering, kita harus datang langsung ke PLN pusat di Duren Tiga, yang mana lumayan jauh dari rumah dan dikenakan biaya Rp 170,000 kata si bapak petugasnya. Aih~ nanti lagi aja deh.

Update:

Pada tanggal 8 Juli 2020, saya mendapatkan pesan dari PLN melalui WhatsApp yang mengatakan bahwa pelanggan diharuskan untuk melakukan pembayaran kompensasi UJL sebesar Rp 236.649 sebelum jatuh tempo agar terhindar dari pemblokiran pengisian pulsa. Sempat bingung juga, di pesan dijelaskan jumlah tersebut adalah pemakaian listrik terakhir pelanggan sebelum migrasi. Kenapa jumlah nya bisa sebesar itu padahal setelah melakukan pembayaran listrik pada tanggal 4 Juli 2020, jeda waktu dari tagihan terbit hingga migrasi hanya beberapa hari, pasti pemakaian tidak mungkin sebesar itu. Ternyata setelah saya telusuri, kompensasi UJL ini seperti biaya wajib bulanan atau abonemen yang hanya dikenakan ke pelanggan Pascabayar. Detail lengkapnya bisa dibaca di sini. Kalau begitu, untuk menghindari kompensasi UJL ini lebih baik melakukan migrasi saat akhir bulan atau sebelum tagihan bulanan tercetak. Tapi sekali lagi ini hanya dugaan dan kesimpulan saya. Lebih jelasnya hanya PLN yang tahu.

Pesan masuk tagihan kompensasi UJL
Saya melakukan pembayaran melalui ATM yang caranya sama seperti pada poin 8. Struk yang tercetak keterangan nya adalah Migrasi Layanan. Hahaha.. Terserah lo deh.

Tambahan: Cara Geser Meter

Saat pemasangan saya mendapat informasi dari petugas kalau meteran yang baru ini tidak bisa kena hujan dan bisa korslet jadi sebaiknya dipindah ke teras rumah yang aman. "Yaudah pak sekalian saja dipindah." Saya nyeletuk begitu dan petugasnya bilang saya harus mengajukan laporan ke Kantor PLN Pusat di Duren Tiga. Katanya nggak bisa apply lewat web dan nggak bisa juga ke Kantor PLN yang di Lenteng Agung. Aduh repotnya.. Akhirnya malam itu saya akalin saja meterannya pakai plastik bekas taplak meja dan lakban. 

Data lengkap yang diisi untuk mengajukan Geser Meter
Tanggal 6 Juli 2020, saya iseng coba mengajukan proses geser meteran ini melalui DM ke akun resmi Instagram @pln123_official. Meskipun balasnya lama (sekitar 2 hari) Alhamdulillah mereka bisa bantu proses nya jadi kita nggak perlu repot-repot ke Kantor PLN sana. 



Setelah membalas pesan dengan mengisi data lengkap, pesan saya di DM Instagram baru dibalas lagi keesokan harinya (9 Juli 2020). Itu pun baru diproses setelah saya nanya dulu. 



Saya mendapat pesan melalui WhatsApp tanggal 10 Juli 2020. Isinya tentang tagihan yang harus dibayar untuk proses Geser Meter. Biayanya ternyata lebih mahal dari dua kali lipat dari informasi yang diberikan oleh petugas sebelumnya saat melakukan migrasi ke Prabayar. Dari Rp 170,000 jadi Rp 374.000. Mungkin selain adanya kasus kenaikan listrik yang tidak jelas ini, ada kenaikan biaya layanan lainnya. Kenapa? Sekali lagi, jawabannya hanya Tuhan dan para Direksi PLN yang tahu. 

Awalnya saya sempat ragu, karena akun nomor WhatsApp ini nggak official. Kayak cuma akun biasa terus diganti profile picture nya pakai logo PLN. Untuk memastikan dokumen pdf itu resmi, saya kontak lagi melalui DM Instagram resmi PLN. Dan katanya betul itu resmi terbitan dari PLN. Saya melakukan pembayaran tanggal 15 Juli 2020 melalui ATM (caranya sama seperti poin 8) dan konfirmasi ke nomor WhatsApp tadi. 

Tanggal 16 Juli 2020, yang bearti hari ini, petugas PLN datang untuk melakukan Geser Meter. Tapi saya disuruh menyediakan kabel Tupur namanya ukuran 325 sepanjang 3 meter, tergantung seberapa jauh gesernya. Hoala! Ternyata tetap harus beli sendiri kabel nya, yang dari mereka hanya kabel hitam tarikan dari tiang listrik saja. 

Begitulah. Drama migrasi dan geser meter PLN ini usai sudah. Kata petugasnya sih, mau Pascabayar atau Prabayar sama-sama naik listriknya. Dia sampai bertanya ke saya, kenapa migrasi ke Prabayar? katanya justru bakal lebih mahal lagi. WHAAAAAT???!!! 

Sedikit curahan hati: 
Dari dulu selalu gemas sama website resmi pemerintahan. Belum pernah nemu website yang informatif, enak dipandang mata dan mudah digunakan. Paling gemas sama website Kemenag yang buat ngecek nomor porsi haji. Error terus berbulan-bulan sampai kelewat tahun. Tapi sekarang sudah lumayan sih, fungsi cek keberangkatan sudah jalan dan ada beberapa perubahan di tampilan yang lebih sedap dilihat. Nah, yang bikin saya sebal kali ini adalah website PLN! PLN kan BUMN paling kaya ya di Indonesia, kenapa sih nggak bisa bikin website yang informatif dan mudah digunakan? 

Update 8 September 2020:
Setelah menggunakan Listrik Prabayar, tagihan listrik di rumah orang tua yang saya hitung perbulan menjadi lebih irit sekitar 150-250 ribu rupiah. Tentunya ini kerasa karena tidak adanya biaya UJL untuk listrik Prabayar. Pemakaian pun menjadi lebih terkontrol. Anyway, pemakaian listrik saya di rumah sendiri juga lumayan hemat bulan ini, sepertinya setelah membersihkan AC penggunaan AC di rumah tidak perlu sampai titik suhu minimum. Setelah di cuci, 27 derajat celsius pun sudah cukup  membuat ruangan dingin. Jadi salah satu cara untuk menghemat listrik di musim panas ini coba deh cek apakah AC mu kotor penuh debu :p


51 comments

  1. Informasinya sangat detil dan jelas sekali. Sangat bermanfaat besar buat para pembaca yg berencana migrasi.

    Karna saya sendiri sudah pernah ajukan proses migrasi persis sperti diatas.

    Tapi sayangnya gagal dengan alasan perangkat kwh meter prabayar tdk ada stock.

    ReplyDelete
  2. Setelah migrasi ke prabayar, untuk tagihannya kembali normal kah mbak? Atau ada kendala/permasalahan lagi? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kembali normal sama seperti di awal tahun. Alhamdulillah tidak ada kendala.

      Delete
  3. Setelah migrasi ke Prabayar, bagaimana tagihan nya kak?.. lebih murah atau mahal kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu saja lebih murah, mengirit sekitar 150-250ribu rupiah karena tidak ada biaya UJL.

      Delete
  4. Kok gak ada Lanjutan dari hasil prabayar? Apakah lebih murah atau sama aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu saja lebih murah, mengirit sekitar 150-250ribu rupiah karena tidak ada biaya UJL.

      Delete
  5. bisa juga ya. rumah orang tua masih pake pascabayar, kayaknya mending pake prabayar, lebih terkontrol.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi kak, beli token pas awal bulan. terus pas udah mau masuk akhir bulan cek in deh sisa kuota kwh nya berapa. klo ud menipis, kita bisa ngingetin para penghuni rumah untuk lebih irit pakai alat elektronik nya hehe

      Delete
  6. Ahiya jadi pnegen bersihin AC. Wlpn ini AC dipakenya jarang jarang. Dlu malah bisa gak dipake 3 bulan huhuu. Thanks ken infonya

    ReplyDelete
  7. Ribet banget ya mbak urusan sama PLN.. saya jg rencana mau migrasi ke prabayar setelah baca curhatan orang yg tagihannya membengkak karena petugas yg mencatat salah catat, human error, tp tetep pelanggan harus lunasin dulu tagihannya. Hadeeh...
    Anyway, kenapa gak tlp ke 123 mbak? Kemarin bapak saya tlp mau naikin daya krn lg ada promo kemerdekaan, sekalian mau migrasi, kt CS nya gak bisa, harus satu-satu karena biayanya berbeda. Migrasi gak kena diskon katanya, berarti bayar kan ya?:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk migrasi tidak ada biaya mbak, hanya ada biaya untuk token pertama (ini terserah berapa) dan biaya pelunasan UJL di bulan tersebut. besarnya biaya UJL bisa dicek di website PLN sesuai dengan daya yang digunakan. kalau naikin daya memang ada biayanya, setau saya ada promo bulan sept 2020.

      Delete
    2. Saya udah apply, benar tidak ada biaya untuk migrasi. trims mbak untuk tulisannya sangat membantu. :)
      oya, sekedar info barusan saya apply, barusan juga langsung bayar pakai BRImo (krn saya pakai BRI) bisa secara online ternyata, tinggal pilih pembayaran, lalu PLN non taglis, jadi gak perlu ke ATM atau teller :)

      Delete
    3. Terima kasih mba, nanti saya masukan infonya ke dalam artikel di atas

      Delete
    4. Setelah bayar ujl itu adakah tagihan ujl selanjutnya kk? Soalnya aku dpet tagihan ujl jg skrg yg kasusnya sama seperti kk

      Delete
    5. Setelah pelunasan UJL, nggak ada tagihan lagi kak karena kita langsung pakai yang PraBayar dengan token. Data pelanggan yg listrik PascaBayar (yang sebelumnya) masih ada sih tapi saya pernah coba iseng cek tagihannya lewat aplikasi fintech itu ga muncul kak tagihannya kok, malah error.

      Delete
  8. Mbak, saya barusan isi formulir secara online seperti yang mbak lakukan. TUjuan saya adalah untuk migrasi dari meteran ke sistem token. Plus dengan tambah daya, jadi kena biaya total 800ribuan. Semoga sistem pembayaran biaya itu lancar. Terima kasih untuk informasinya.

    ReplyDelete
  9. Assalammualikum mba maaf saya boleh bertanya, saya masih bingung di data pelanggang dan data pemohon jika

    ReplyDelete
  10. Iyaaa saya migrasi ke prabayar dlm wktu 1bln juga kena blokir dan dimintai biaya susulan 250rb

    ReplyDelete
  11. Terima kasih mba info nya sangat detail dan berguna. saat ini saya mengajukan migrasi ke token, status sdh bayar dan menunggu 5 hari ke depan.

    ReplyDelete
  12. Terima kasih mba, info nya sangat berguna. berkat tulisan ini saya ikuti step by step nya.

    ReplyDelete
  13. mantap ni membantu banget sharing nya.. terimakasih

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Terimakasih mba, saya baru mengajukan pindah ke token, semoga tidal asa kendala

    ReplyDelete
  16. Wah informasinya membantu banget dmn sy baru saja mendaftarkan migrasi listrik ortu sy dari pasca ke pra..untung sy baca artikel mba ini jd sy tau ttg UJL, males bngt hrs byr abodemen mending nunggu smp akhir bln jgn smp msk bln berikutnya.

    Bnr bngt mba, aplikasi PLN dan website PLN itu mmg bobrok, bapuk, ngeselin..Bingung sy jg udh monopoli bisnis msh aja sistemnya begitu, hari gini udh era digitlal msh aja org d suruh pmbyran via ATM..sy cb pmbyran via toped yg PLN Non Taglis pun ga bs, boro2 lewat m-banking..
    Oh iya satu lg call centernya jg klo menjwb ky robot, ga menyelesaikan mslh yg ada pulsa sy kesedot bnyk, Duh ga ngerti deh sm PLN ini cara kerjanya..

    Tks mba informasinya, sangat bermanfaat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah kk dpet tagihan ujl? Soalnya aku migrasi di akhir bulan masih tetep dpet tagihan UjL yg lumayan besar 500rb an

      Delete
  17. Mbak,mau nanya saya udh ikutin sesuai yg mbak informasikan. Setelah bayar itu kita tidak upload sana sini kan? Cuma nunggu dr pihak pln nlpn ke kita ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak, kita tinggal nunggu aja. Nanti dari PLN akan ada yang menghubungi mbak. Cuma karena saya nggak sabar, saya langsung DM ke Instagram akun resminya PLN, hehe.

      Delete
  18. Terima Kasih, sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  19. Terimakasih kak infonya sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  20. Tadi pagi ngajuin migrasi ke meter prabayar pembayaran lewat kantor pos terdekat tinggal nunjukin nomer register.
    Terimakasih artikel nya sudah membatu

    ReplyDelete
  21. Terima banyak. Artikel ini sangat membantu. Saya akan migrasi ke pra karena setiap bulan tagihan pasca naik trs entah bagaimana kok bisa begitu saya jadi jengkel dgn PLN.

    ReplyDelete
  22. Maaf mbak saya baru baca postinganya.
    Saya inhin migrasi jg tap rmh kosong nantinya isi pulsa tokennya apa masih bisa berlaku dibulan2 berikutnya dg kata lain karena tdk ada pemakaian apa pulsanya bisa hangus sperti quota hp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang tau, tapi setau saya tidak ada UJL/abonemen di listrik prabayar :)

      Delete
  23. Terimakasih blognya ka Niken jelas sekali saya juga ingin ganti token untuk orang tua saya bayar listrik bulanan nya bikin menangis saya domisili Semarang berurusan dengan pemerintah RI memang harus saling share ya ka jadi jelas dan adil untuk seluruh rakyat RI sehat dan bahagia selalu ka Niken mksh share nya Tuhan yg balas ya

    ReplyDelete
  24. Mantap penjelasannya...sy hrs migrasi ke prabayar dan hitungan sy dgn kondisi saat ini bisa menghemat cukup banyak.....

    ReplyDelete
  25. maa mba Niken.. sy coba tp ada kterangan "Pelanggan sedang dalam proses permohonan. Selesaikan terlebih dahulu proses permohonan yang lain" itu apakah pernah ngalami mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf saya belum pernah, bisa tanyakan langsung melalu DM ke instagram official PLN @pln123_official. Sertakan nomor meter sehingga bisa dicek langsung oleh Customer Service nya.

      Delete
  26. Mbk klo mau isi formulir gt.musti lwt pc ya?
    Saya pakai hp kok ngk bisa ya.kususnya untuk isi nama/id pel nya

    ReplyDelete
  27. thank you ya, tulisannya sangat membantu, informatif, dan sangat detail dan jelas. membantu sekali untuk saya yang ingin migrasi juga dari pascabayar menjadi prabayar. dan sekarang sedang on process

    ReplyDelete
  28. terima kasih infonya sangat membantu. saya lupa oesan mb niken jadi mgrasi di akhir bulan tgl 29 okt hari jumat pula. entah diprosesnya kapan dan apakah kena UJL nya.

    ReplyDelete
  29. Terima kasih sudah sharing kak..

    ReplyDelete
  30. Mbaaa terimakasih banyak infonya huhu sangat bermanfaat. Saya coba praktekin persis yg mba Niken tulis dan alhamdulillah lancar jaya tanpa drama.

    ReplyDelete
  31. Trims , sharing sy sangat bermanfaat. Oh, kalo geser meteran kan dekat kok sam pe ribet mau minta pengajuan dll ya ?

    Untung ada sharing dr om ini.

    Trims sekali lagi.

    ReplyDelete
  32. Naiss mbak niken. Saya mau cobain juga nih hehehe. Makaaasih mbak.

    ReplyDelete
  33. Wah makasi banyak buat info nya mbak semoga berkah ya

    ReplyDelete