Berburu Piring Keramik di Depok

Aug 14, 2019


Dulu jaman masih bujang, suka banget beliin mama piring keramik karena beliau memang suka mengoleksi peralatan makan dari bahan keramik. Pada saat kuliah di Bandung (tahun 2007 - 2012), saya biasanya beli di mobil pickup yang kerap parkir di Jalan Cisangkuy, samping Taman Lansia. Dengan harga 15.000 - 25.000 rupiah sudah bisa dapat satu piring saji besar atau mangkuk lauk besar yang kemudian saya bawa ke Jakarta. Beliau senang nya bukan main. Sebagian digunakan untuk sehari-hari dan sebagian masih beliau simpan.

Ini bukan koleksi Emak saya ya, ini di Gudang Keramik Depok
Ini juga, hehehe.
Dan ternyata hobi itu menurun ke saya sekarang, walaupun masih mikir setelah membaca buku Goodbye Things karya Fumio Sasaki (baru sampai halaman 70-an tapi sudah mulai ngefek). Sekarang saya sudah nggak pernah lagi tamasya ke Kedaung Home, produsen perabotan gelas dan keramik di Indonesia yang toko nya suka buat bazaar buat menarik perhatian ibu-ibu muda seperti saya ini.


Karena piring keramik yang dibeli di toko harganya terbilang tidak murah (lebih murah beling) dan saya adalah tipe yang dengan mudah memecahkan gelas, jadi saya hanya membeli piring atau mangkuk keramik untuk makan sehari-hari saja. Untuk gelas saja saya lebih suka yang berbahan seng atau biasanya disebut enamel. 

Kebetulan, seminggu yang lalu, setelah mengajak mama sarapan ke Cimory Riverside di Bogor (serius cuma numpang sarapan aja karena pemandangannya seger, tapi makanannya nggak begitu enak), pulangnya kami mampir ke Gudang Keramik di Depok. Saya menyebutnya Gudang Keramik karena nggak ada namanya. Saya dapat info tempat ini dari utas di Twitter, cuma iseng aja, dari Bogor lewat tol Jagorawi, kami keluar lewat pintu Tol Cisalak/Margonda/Depok. Kemudian langsung putar balik, lalu sekitar 600m dari sana sampai lah kami di gudang tersebut. 

Mama sama Choir lagi muter-muter
Begitu berbinar-binar mata mama melihat piring-piring cantik ditumpuk dan digelar begitu saja di depan gudang. Tapi sayang nya sedang mati lampu, jadi ngga semua piring bisa keliahatan dengan jelas. Ingat mati lampu selama 2 hari di Jakarta tanggal 4-5 Agustus kemarin? Nah pas lagi pemadaman Jakarta itu lah kita pas lagi di sini. 

Ini harganya 25.000-an, yang nanti nya dipotong sama bapaknya jadi 20.000
Saya sempat tertawa geli, karena beberapa mangkuk dan piring merk Colorwave sudah di koleksi si mama. Tapi kata mama harga nya lebih mahal di sini. Yaiyalah, mama beli nya tahun kapan. Hahaha. Mama pun mengantongi 5 piring saji besar dan 1 piring sedang. "Mama beli yang merah nih, buat gantiin piring yang kakak beliin dipecahin kucing." Memang aku pernah beliin yang warna merah ya, seketika aku lupa dan baru ingat besokannya.



Kata kunci di google map: byzanthium kuchen curug. Lokasi nya sebelahan dengan Byzanthium Kuchen. Keliatan banget gudang nya tepat di depan lorong jalan layang tol. Titik Google Maps bisa dicek di link ini https://goo.gl/maps/8AFUU91Jivf3KDxE8.

My favourite. Si mangkuk kuning ini biasanya buat makan ramen sama sarapan oat.
Model nya Jepang banget, untuk cemilan atau hidangan pelengkap
Koleksi saya baru ini saja kok

Saya membawa pulang 3 piring saji sedang, 2 mangkuk dan 1 piring saji besar yang ditotal hanya 110.000 rupiah saja ya buibu. Corak nya pun bikin gemas, jadi kepingin masak yang unyu-unyu terus di foto. 

Untuk harga nya menurut saya masih sangat terjangkau untuk ibu-ibu. Jangan dibandingkan dengan yang ada di toko-toko keramik asli yang harganya bisa 3-5 kali lipat. Untuk piring saji besar harga nya 30.000 rupiah, yang mana nanti pas penghitungan total tiap pcs nya dikurangi 5.000 sama si Bapak tanpa perlu kita menawar. Piring sedang seukuran piring makan harga nya 20.000. Untuk piring besar lain yang bentuk nya kotak dan berukuran besar biasanya dihargai diatas 100.000 rupiah, dan untuk Set (piring, mangkuk dan gelas dengan tema sama) dihargai diatas 250.000. Buat kado nikahan cantik banget ya, tinggal bawa ke tukang parcel di Mayestik.

Senangnya melihat mama tersenyum bahagia  padahal cuma diajak sarapan di pinggir sungai sama lihat piring-piring keramik. Setelah satu setengah bulan nggak kemana-mana karena harus rehab pasca operasi. Sekarang mama sudah strong lagi, yuk jalan-jalan ke Kedaung!

Update 6 November 2020
Kebetulan Adik saya menemukan Instagram toko keramik ini. Check it out _rumahpiring!


Update 27 Februari 2021
Adik saya mampir lagi ke toko keramik ini. Untuk harganya ternyata sudah sangat berbeda. Dari yang biasanya salad plate dihargai 20.000 sekarang jadi 30.000 rupiah. Salad bowl juga yang biasanya 25.000 sekarang harganya jadi 40.000 rupiah. Mungkin karena sekarang pengunjung dan pembelinya lebih banyak. Anyway sebagai alternatif nya saya sudah mencoba beli di toko lain melalui ecommerce, namanya Grosir Tableware Keramik, harganya lebih murah. Untuk toko offline saya coba cari dan menemukan yang lokasinya juga di Depok, namanya Grosir Piring Cantik. Saya belum coba berbelanja ke sana, mungkin lain kali saya akan mampir. 

21 comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Ihhhh jadi pengeeenn! Piring gw kadoan semua dan bonus beli sabun wkwk.. bukan yg cakep klo di foto jadi pengen ��
    Reply

    ReplyDelete
  3. Halo, ijin tanya.
    Alamat lengkapnya dimana ya?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  4. Halo, ijin tanya.
    Alamat lengkapnya dimana ya?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Halo, mau tanya lokasi detailnya dimana ya? Terima kasih

    ReplyDelete
  7. Haloo, menarik banget infonya. Ada kontak yang bisa dihubungi gak ya dari gudang keramik ini atau bapak yang punya gudang keramik? Thank you in advance

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mampir ke blog saya. Saya sudah update ya untuk lokasi tepatnya. Bisa langsung cek keatas. Thanks.

      Delete
    2. Bisa dikirimkan detail lokasi gudang Keramik nya Kak? Thanks Kak...

      Delete
  8. Replies
    1. Terima kasih sudah mampir ke blog saya. Saya sudah update ya untuk lokasi tepatnya. Bisa langsung cek keatas. Thanks.

      Delete
    2. Ini lokasinya setelah underpass yg putar balik jln Gas Alam ya ..
      dulu abak sy sekolah di SMAN 4 Depok kalo nganter pasti lwt situ tp baliknya ga lewat situ .. jd sy selalu jemput sej lbh awal , cuci mata dulud disitu .. tiap hr beli satu dua sampe si bapak hafal .. yg jual bapak2 setangh baya dulu itu ..

      Delete
  9. Hi mba, terimakasih telah berbagi 😊

    ReplyDelete
  10. Hay mbak ada ig yg jualannya gak ya? Saya mau cobak bisnis jualan piring ni rencanany . Makasih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo kak..masih minat untuk jualan piring-piring? mungkin tertarik untuk menjual produk kami? kebetulan kami juga produsen langsung, bisa kontak wa saya di 081935070708, thanks

      Delete
  11. Mbak, punya nomor telponnya gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mbak tidak punya. Jika ada pasti saya share. Nanti kalau mampir ke sana lagi akan saya tanyakan.

      Delete
  12. Hallo kak , hari Minggu bukakah?

    ReplyDelete
  13. Hallo kak.. Thanks infonya kak.. Kemarin sy udah ke lokasi langsung.. Kak tau gudang keramik lainnya gak? Sy suka nemu jastop di IG yg harganya lebih murah dr ini, mereka ambil ky di pabrik langsung gitu dan sama-sama di Depok.. Mungkin kk tau atau ada info?

    ReplyDelete
  14. halo kak, mungkin minat untuk menjual kembali produk kami?
    kebetulan kami juga produsen langsung, bisa kontak saya di 081935070708, thanks

    ReplyDelete