Destinasi Andalan Weekend Escape Dari Jakarta

July 01, 2016

Selain banyaknya mall yang tersebar di setiap sudut jalan, variasi kuliner dan wahana bermain yang ada di Jakarta, kita ngga akan pernah kehabisan ide untuk menikmati akhir pekan di Jakarta (selama punya duit). Terus kalau misalnya sudah bosan dan kantong lagi kempis, kemana dong? Saya akan jawab berdasarkan pengalaman pribadi menghabiskan tiap akhir pekan dengan anggaran minim namun sarat petualangan yang ngga jauh-jauh dari Jakarta. 

Weekend Escape: Canopy Trail Gunung Gede



Kepingin ngeliat yang hijau-hijau dan menghirup udara yang segar? Ngga perlu harus naik gunung. Cukup ketemuan sama teman-teman di Stasiun Bogor, paksa salah seorang buat minjemin mobil dan ajak temen yang jago nyupir, lalu meluncur lah ke Cibodas. Kalau mau piknik bisa masuk ke taman, kalau mau lebih kece dan lagi mainstream cobain canopy trail. Cerita lengkap dan foto bisa diintip di sini.


Weekend Escape: Leyeh-leyeh di pantai Kepulauan Seribu


Suka banget pantai dan laut, ngga harus ke Bali kok. Cukup 3,5 jam dari Jakarta kita bisa leyeh-leyeh cantik di pasir pantai yang putih, menghadap ke laut yang warnanya menggoda mata. Selain itu, kalau suka snorkeling, banyak spot-spot underwater yang kece di bagian utara. Pulau yang bisa dijejaki tanpa menguras kantong antara lain Pulau PerakPulau PariPulau Kayu Angin BiraPulau Kayu Angin MelintangPulau Melinjo, Pulau Dolphin, Pulau Rambut dan Untung JawaPulau Kelor dan pulau-pulau lainnya yang saya ngga hafal namanya. Ajak beberapa teman untuk menghemat biaya sewa kapal dan penginapan, semakin banyak semakin murah. Pulau terakhir yang kami sambangi adalah Pulau Sepa, paling awesome dibanding pulau lainnya. 



Weekend Escape: Menikmati Hutan Pinus di Gunung Pancar


Di Instagram kan lagi mainstream banget foto-foto di hutan pinus. Nah, kalau ngga mau ketinggalan tren bisa main ke Gunung Pancar yang lokasinya tidak jauh dari Bukit Sentul. Karena saya suka suasana pagi, maka kami memilih untuk menginap semalam sambil piknik asik di Gunung Pancar. Kalau males ribet, bisa aja pulang pergi sehari karena lokasinya cukup ditempuh 1,5 sampai 2 jam dari Jakarta. Jangan lupa isi penuh baterai kamera atau smartphone. 



Weekend Escape: Mendaki Gunung Batu Jonggol


Yang ini agak ekstrem, apalagi kalau misalnya pas lagi musim hujan. Kita harus ekstra hati-hati, karena beberapa bagian tebing harus dilalui dengan bantuan tali. Bagi saya yang paling memacu adrenalin adalah saat turun. Rasanya takut ketinggian saya belum hilang juga meskipun udah nyobain paralayang. Gunung Batu ini lokasi nya sedikit lebih jauh dibanding Gunung Pancar. Dari pertigaan The Jungle, masih harus menempuh satu jam lagi dengan kondisi jalan yang lumayan mulus. Baca cerita epik celana kesayangan saya yang robek dan harus dimusium kan waktu turun Gunung Batu di sini.

Bonus:
Sepedahan di Kota Tua Jakarta
Bukan foto prewed ya (*digetok Bre), ini waktu hunting foto bareng Mas Tjupu, turis gembel dari Boyolali

Selamat menghabiskan akhir pekan di Jakarta!

You Might Also Like

2 comments

  1. Wow ternyata ibukota keren juga, kep.seribu sepintas diliat mirip derawan ya!

    Salam kenal! blogwalking ke blog aku ya
    http://dolinafatitela.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga.
      iya sama2 indah, bedanya hanya di kep.seribu ga ada stingless jellyfish :D

      Delete